spot_img
27.2 C
Semarang
Sabtu, 28 Juni 2025
spot_img

Rangkul Stakeholder, Pajak Pati Gelar Forum Konsultasi Publik

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pati (KPP) Pratama Pati menggelar Forum Komunikasi Publik (FKP) di Aula KPP Pratama Pati, Rabu (4/9/2024). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatan kualitas layanan serta penyempurnaan standar pelayanan pada KPP Pratama Pati.

Sejumlah tiga puluh dua (32) peserta yang berasal dari lima lini stakeholder KPP Pratama Pati hadir dalam Forum
tersebut. Kelima lini tersebut adalah Akademisi, Organisasi Masyarakat Sipil, Instansi Pemerintah, Media Massa, dan Masyarakat Pengguna Layanan.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala KPP Pratama Pati, Paulus Soetjipto Adi Dosoputro. Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih atas kontribusi para Wajib Pajak dalam pembayaran pajak sehingga bisa digunakan untuk pembangunan.

Baca juga:  PLN Sinergi Kawal Uprating Trafo GI BSB

“Saat ini, sedang dikembangkan sistem inti administrasi perpajakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP),
disebut Coretax,” ungkap Paulus.

Dijelaskan, tujuan FKP yaitu untuk kegiatan dialog dan diskusi terkait dengan pelayanan publik, fokusnya ke standar pelayanan yang biasa digunakan yaitu SPT Tahunan dan pemadanan NIK-NPWP.

Acara selanjutnya adalah sesi penyampaian saran/masukan. Sesi ini dipandu oleh Herny Setiyowati, Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Pati sebagai moderator. Yang menjadi
narasumber adalah Kepala KPP Pratama Pati, Paulus Soetjipto Adi Dosoputro dan
Kartika Cahya Kencana, Kepala Seksi Pengawasan V KPP Pratama Pati.

Saran dan masukan yang disampaikan diantaranya mengenai jaringan dan aplikasi, pelaksanaan edukasi yang lebih diperbanyak, kelengkapan SPT Tahunan, dan permohonan EFIN.

Baca juga:  Astra Motor Jateng Gelar Nobar MotoGP Bareng Komunitas CBR

Selama kegiatan berlangsung, peserta diajak untuk berdiskusi dan memberikan saran dan masukannya terkait standar pelayanan KPP Pratama Pati khususnya SPT Tahunan dan pemadanan NIK-NPWP.

Pada akhir acara, dilaksanakan penandatanganan Berita Acara
Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Tahun 2024. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menampung aspirasi berupa saran masukan untuk perbaikan standar layanan KPP
Pratama Pati.

Hal ini selaras dengan nilai kelima Nilai-Nilai Kementerian Keuangan yaitu Kesempurnaan. Selain itu, dengan meningkatnya kualitas standar pelayanan diharapkan dapat meningkatkan kontribusi para stakeholder atau pengguna layanan dengan taat
membayar pajak.(aln)

spot_img

TERKINI