JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mencatat sebanyak 54.948 tiket kereta api telah terjual pada periode libur awal tahun baru mulai tanggal 1 hingga 5 Januari 2025 atau sebanyak 10.990 tiket per harinya.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyebutkan, selama 5 hari periode libur awal tahun tersebut, Daop 4 Semarang menyediakan sebanyak 123.500 tiket atau 24.700 tiket per hari untuk KA dengan keberangkatan awal dari wilayah Daop 4 Semarang.
“Masih terdapat sebanyak 68.552 tiket yang masih tersedia selama periode 5 hari libur pada awal tahun tersebut atau okupansi masih di angka 44 persen dari tempat duduk yang disediakan. Kami mengimbau masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dengan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi penjualan KAI lainnya karena tren penjualan terus meningkat,” jelasnya.
Diprediksi pada Rabu, 1 Januari 2025 jumlah penumpang keberangkatan maupun kedatangan di stasiun wilayah Daop 4 Semarang akan meningkat, dengan jumlah penumpang yang naik mapun turun sebanyak lebih dari 22 ribu penumpang.
“Selama masa liburan awal tahun, destinasi favorit penumpang meliputi Jakarta, Surabaya, Bandung, Banyuwangi, Solo, Malang, Yogyakarta, dan Purwokerto. Mayoritas penumpang memanfaatkan liburan untuk berwisata maupun bertemu dengan keluarga,” ungkap Franoto.
Selama libur awal tahun ini, Daop 4 Semarang menjalankan 31 perjalanan KA Penumpang Reguler dan 3 perjalanan KA Penumpang Tambahan per hari. Selain itu juga terdapat 63 perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan rincian 55 KA Reguler dan 8 KA Tambahan.
Dari sisi fasilitas, KAI telah mempersiapkan dengan optimal mulai dari memasuki area stasiun, di atas kereta, hingga keluar area stasiun tujuan. Selain itu, Daop 4 Semarang juga menyediakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate yang kini telah tersedia di empat stasiun utama yang meliputi Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, dan Stasiun Pekalongan.
KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) dan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api (Railfans) di wilayah Daop 4 Semarang untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.
Para petugas pelayanan ekstra tersebut disiagakan di 6 stasiun wilayah Daop 4 Semarang, yang meliputi: Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan dan Stasiun Cepu.
“Perjalanan dengan kereta pada libur awal tahun dipastikan aman, nyaman, dan berkesan. KAI berharap masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan baik untuk momen liburan yang seru bersama rekan, sahabat maupun keluarga,” tutup Franoto.(aln)