JATENGPOS.CO.ID SEMARANG – Stasiun-stasiun di wilayah Daop 4 Semarang sepanjang Agustus 2025 tampak lebih ramai dari biasanya. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 mencatat sebanyak 530.574 penumpang telah diberangkatkan selama periode tersebut. Jumlah itu meningkat sekitar 10,4 persen dibandingkan Agustus tahun lalu yang hanya 480.505 penumpang.
Dari total itu, sebanyak 461.448 penumpang berasal dari KA Komersial dan 69.126 penumpang dari KA PSO atau yang mendapatkan subsidi pemerintah.
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo mengatakan, peningkatan ini dipengaruhi oleh tingginya mobilitas masyarakat pada masa libur panjang, akhir pekan, serta momentum peringatan Hari Kemerdekaan ke-80 RI. Faktor kenyamanan dan ketepatan waktu perjalanan juga semakin mendorong masyarakat memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan.
“Lonjakan ini menjadi bukti nyata bahwa layanan kereta api semakin dipercaya masyarakat. Kami berkomitmen untuk terus menjaga kualitas layanan, mulai dari ketepatan waktu, kenyamanan perjalanan, hingga peningkatan fasilitas di stasiun maupun di atas kereta,” ujarnya.
Beberapa perjalanan kereta api komersial keberangkatan awal Daop 4 yang paling diminati masyarakat di antaranya KA Kaligung yang mengangkut 83.228 penumpang, KA Ambarawa Ekspres dengan 47.176 penumpang, KA Kamandaka dengan 46.843 penumpang, KA Menoreh dengan 22.525 penumpang, serta KA Argo Merbabu dengan 19.339 penumpang. Sementara untuk KA PSO, KA Airlangga menjadi yang paling banyak dipilih dengan 45.048 penumpang, disusul KA Kedung Sepur sebanyak 24.078 penumpang.
Data keberangkatan juga menunjukkan lima stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak selama Agustus, yakni Stasiun Semarang Poncol dengan 132.316 penumpang, Stasiun Semarang Tawang 125.519 penumpang, Stasiun Tegal 67.414 penumpang, Stasiun Pekalongan 52.087 penumpang, dan Stasiun Pemalang 26.890 penumpang. Selain itu, Stasiun Cepu juga mencatat angka cukup tinggi dengan 21.775 penumpang.
Secara keseluruhan, setiap harinya terdapat sekitar 99 perjalanan kereta api penumpang di wilayah Daop 4 Semarang dengan tujuan populer seperti Jakarta, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Jumlah perjalanan ini diperkirakan akan terus meningkat mengikuti kebutuhan masyarakat, terutama saat musim liburan.
KAI juga terus berinovasi dengan menghadirkan layanan digital yang memudahkan pelanggan dalam merencanakan perjalanan. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, serta mitra penjualan resmi lainnya. Dengan sistem ini, masyarakat bisa memesan tiket kapan saja dan di mana saja secara lebih praktis.
“Kami berharap masyarakat semakin nyaman dan tenang dalam melakukan perjalanan bersama kereta api. Selain menjadi moda transportasi yang aman dan nyaman, kereta api juga ramah lingkungan serta mendukung mobilitas antarwilayah dengan lebih efisien,” pungkas Franoto Wibowo.(aln)








