LPMP Jateng Gelar Capacity Building Melalui “Bimoli”

943
SAMBUTAN: Plt kepala LPMP Jateng sedang memberikan sambutan. Foto: Tkj for jatengpos

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Guna meningkatkan kapasitas dan kompetensi calon instruktur pembimbingan pemanfaatan akun Belajar.id bagi pembelajaran, LPMP Jawa Tengah menggelar capacity building calon instruktur.

Kegiatan digelar di LMP Jawa Tengah Jl Kyai Mojo Semarang,  berlangsung sejak Kamis hingga Sabtu(21-23/10).

Kegiatan diadakan secara luring dengan dihadiri Plt LPMP Jateng, PTP, DRB, Captain GMT, Co Captain, dan partner se-Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah.

Captain Jawa Tengah Fakhrudin Sujarwo, S.S, menjelaskan melalui overviewnya, bahwa pemanfaatan akun belajar.id harus maksimal. Untuk itu diperlukan kerja sama para GMT dan semua pihak termasuk PTP LPMP Jawa Tengah.

Tujuan kegiatan antara lain untuk memaksimalkan gerakan sapu bersih aktivasi akun belajar.id di satuan pendidikan. Sejak digulirkan, akun belajar.id hingga 2021 masih belum maksimal. Disinyalir ada beberapa satuan pendidikan yang belum mengaktivasi akun tersebut.

Selain itu, kegiatan pembimbingan juga untuk menerapkan pembelajaran kolaboratif dengan memanfaatkan akun belajar.id.

Plt. LPMP Jawa Tengah, Nugraheni Triastuti, SE. M.Si menyambut baik kegiatan CB tersebut. Dalam sambutannya, Plt LPMP menjelaskan pengimbasan akun belajar.id menjadi program prioritas nasional. Menurutnya tujuan kegiatan tersebut guna memfasilitasi para calon instruktur untuk melakukan pengimbasan lebih masif. LPMP menyuport penuh kegiatan tersebut. Sementara itu salah satu PTP Dr. L. Ario Priambodo Ario Nugroho, M.Pd menekankan bahwa para instruktru memiliki tugas cukup berat. Setelah capacity building, para peserta harus melakukan koordinasi dengan dinas pendidkan terkait data aktivasi akun belajar.id.

Menurutnya, ada 3 point dasar yang akan dilakukan selama pengimbasan. Pola pengimbasan dilakukan sinkronus dan asinkronus.

Kegiatan sinkronus menurut rencana akan dilaksanakan secara daring.Kegiatan overview juga dilaksanakan 3 kali.

Waktu kerja para instruktur mulai November 2021 dengan durasi 14 hari. Sasaran dari kegiatan yaitu guru dan operator di satuan pendidikan untuk jenjang SD 2 orang dan SMP 3 orang termasuk admin.

Kali ini LPMP Jawa Tengah  melalui PTP yang ada akan melakukan program aktivasi akun belajar.id.Diharapkan semua sekolah dan guru sudah mengaktivasi akun premium.Perlu diketahui sejak tahun 2020, kemendikbudristek memberikan akun belajar.id premium secara gratis.

Kegiatan selama 3 hari di LPMP Jawa Tengah tersebut membekali para calon instruktur yang nantinya akan melakukan koordinasi dengan dinas pendidikan setempat.Pasca koordinasi para instruktur melakukan koordinasi dengan para Google master trainer(GMT) di daerah.Sedangkan  pelaksanaan secara asinkronus disiapkan melalui Google Classroom. (*/tkj/jan)