JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – PT Angkasa Pura Indonesia Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang selama periode Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 melayani 136.438 orang. Selama masa Nataru yang dilaksanakan selama 19 hari, dimulai 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 pergerakan pesawat tercatat sebanyak 1.122 pergerakan, baik Take Off maupun Landing. Adapun untuk kargo tercatat sebesar 1.197 Ton sepanjang periode Hari Raya Natal tahun 2024 dan Tahun Baru 2025.
General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Fajar Purwawidada mengatakan, pertumbuhan pergerakan trafik pada masa Nataru kali ini meningkat tajam dibandingkan masa Nataru 2023. Peningkatan pergerakan penumpang mencapai 27%, dan untuk pergerakan pesawat mengalami kenaikan sebesar 27%, diikuti kargo naik sebesar 56%.
“Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 telah dilaksanakan dengan baik dan penuh tanggung jawab selama 19 hari. Saya mewakili Manajemen Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Posko Nataru tahun ini, yang tentunya telah mengedepankan kerja sama, sinergitas dan kolaborasi yang sangat baik, sehingga Posko Terpadu Angkutan Udara Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 dapat dilaksanakan dengan lancar, aman, tertib dan terkendali,” kata Fajar.
Dijelaskan, untuk puncak arus mudik Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 terjadi pada tanggal 20 Desember 2024 dengan total sebanyak 9.219 penumpang, dan untuk puncak arus balik terjadi pada tanggal 3 Januari 2025 dengan total sebanyak 7.566 penumpang.
Untuk kinerja Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang selama kurun waktu tahun 2024, secara keseluruhan telah melayani sebanyak 2.281.838 penumpang, 18.341 pergerakan pesawat, dan 18.832 ton kargo. jika dibandingkan dengan pencapaian kinerja tahun 2023, untuk penumpang mengalami kenaikan 8%, untuk pergerakan pesawat mengalami kenaikan 1%, untuk cargo mengalami kenaikan 33%.
“Dengan adanya pertumbuhan positif pada trafik penumpang, pesawat dan kargo pada periode Tahun 2024 ini, kami dari Manajemen Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang tentunya juga telah meningkatkan Level Of Service sebagai bentuk pelayanan prima kepada para pengguna jasa bandara,” tambah Fajar.
Sementara, ucapan terima kasih serta apresiasi juga disampaikan kepada seluruh petugas, stakeholder serta seluruh komunitas bandara atas kerja keras selama tahun 2024 ini.
“Dengan adanya peningkatan trafik di bandara, tentunya perlu diimbangi dengan komitmen untuk memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang,” tandasnya.(aln)