Mengenalkan Wilayah Indonesia dengan Google Earth

Dimasa lalu untuk mengenalkan wilayah Indonesia, kita mengandalkan globe dan peta atlas dalam satu ruang kelas untuk ditelaah bersama-sama, hasilnyapun terbatas pada informasi mengenai jumlah penduduk, batas wilayah dan beberapa kondisi spesifik mengenai daerah tersebut. Hari ini dengan aplikasi Google Earth guru bisa menyajikan visualisasi kepulauan Indonesia secara detail lengkap dengan informasi pendukung tanpa batas dalam pembelajaran daring tanpa ruang kelas.

Google Earth merupakan Globe Virtual yang biasa digunakan untuk melihat gambaran suatu lokasi. Dengan mengaksesnya, seseorang bisa melihat gambar dan info tentang lokasi yang dilihat. Google Earth merupakan salah satu fasilitas milik Google untuk melihat gambaran bumi secara 3D (tiga dimensi). Tak jarang, fasilitas ini juga sering digunakan sebagai map online (Google.com). Untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita harus menginstal aplikasi Google Earth dalam ponsel atau tablet Android dan mempelajari fitur-fitur yang tersedia dengan icon yang familiar pada bagian atas dan sebelah kanan bawah layar, dan untuk mengoptimalkan aplikasi ini pastikan akses lokasi pada ponsel kita dalam kondisi aktif.

Pengenalan wilayah Indonesia juga dilakukan dalam pembelajaran online pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Bandingan Kec. Rakit Banjarnegara tahun pelajaran 2021-2022. Tujuan pembelajaran ini untuk mengenalkan Indonesia sebagai negara kepulauan berikut segala  potensi yang dimilikinya, sehingga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme serta kepedulian lingkungan siswa dimasa mendatang. Pembelajaran dibagi dalam tiga tahap meliputi tahap persiapan dimana siswa dipandu untuk menyiapkan perangkat pendukung pembelajaran, tahap pembelajaran inti yang membahas materi serta tahap ketiga berupa penugasan dan evaluasi.

Tahap pertama pembelajaran, guru memastikan semua siswa sudah mengakses aplikasi Google Earth pada ponsel masing-masing dan mengirim vidio tutorial penggunaan aplikasi dalam bentuk rekam layar. Selanjutnya pembelajaran inti diawali dengan pengiriman vidio tutorial tentang pencarian suatu lokasi dengan menuliskan nama pulau pada papan penelusuran sampai munculnya gampar pulau pada layar, guru membimbing siswa untuk mengenal lebih jauh pulau tersebut melalui visualisasi foto yang tersedia dan detil lokasi dengan menggunakan ikon 3D sehingga terlihat detil permukaannya. Selanjutnya guru membimbing bagaimana menemukan tempat lain dalam peta virtual dan mengukur jarak antara satu tempat menggunakan icon mistar dan menarik garis menuju titik ditempat lain untuk melihat jarak antara keduanya.

Tahap ketiga adalah penugasan dan evaluasi, guru memberikan tugas kepada siswa untuk menelusuri suatu wilayah dan melihat jaraknya dengan tempat tinggal siswa kemudian mengambil foto degan men-screen shoot hasil penelusurannya untuk dikirimkan kepada guru. Dari hasil penugasan ini guru bisa mengembangkan pengetahuan siswa dengan mendiskusikan moda transportasi apa saja yang bisa digunakan untuk mencapai tempat tersebut dan memperkirakan berapa lama waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapainya.  Bahkan kita bisa mengenal potensi alam lainnya seperti keberadaan gunung berapi, sungai, tempat wisata dengan melihat visualisasi dalam peta virtual ini.

Pengalaman menjelajah wilayah semacam ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena banyak hal baru yang bisa diperoleh dengan informasi konkrit yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari sehingga menumbuhkan keyakinan bahwa ilmu yang kita pelajari bermanfaat apabila suatu saat diperlukan. Sebagai pendidik yang baik kita dituntut untuk terus belajar, berinovasi menggunakan teknologi untuk menghadirkan pembelajaran yang lebih maju dalam dunia pendidikan kita.

 

KHOMYATI, S.Pd.SD

GURU KELAS SD NEGERI 1 BANDINGAN KEC. RAKIT KAB. BANJARNEGARA