spot_img
32.4 C
Semarang
Jumat, 27 Juni 2025
spot_img

Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

Perpustakaan merupakan suatu tempat untuk menyimpan sebuah koleksi bahan pustaka dan sebagai sarana yang diharapkan dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah agar siswa dapat mencapai kualitas pendidikan sesuai tujuan yang diharapkan. Menurut Lasa HS (2008: 48) perpustakaan merupakan suatu sistem informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengelolaan, pengawetan, pelestarian, penyajian, dan penyebaran infromasi. Keberadaan perpustakaan sebagai penunjang pemenuhan kebutuhan warga sekolah untuk mendapatkan informasi.

Perpustakaan berfungsi untuk taman bacaan dan sumber-sumber belajar yang dapat menumbuhkan minat baca bagi siswa yang saat ini mulai berkurang. Menurut Rohanda (2000: 2) fungsi perpustakaan yaitu sebagai pusat kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan seperti tercantum dalam kurikulum sekolah, pusat penelitian sederhana yang memungkinkan para siswa mengembangkan kreativitas dan imajinasinya, dan pusat membaca buku-buku yang bersifat rekreatif dan mengisi waktu luang (buku-buku hiburan). Dengan adanya perpustakaan di sekolah akan memberi kemudahaan bagi siswa untuk mengaksesnya. Melalui perpustakaan siswa diharapkan dapat memperoleh ilmu pengetahuan tanpa harus menunggu guru memberikan informasi terlebih dahulu.

Baca juga:  Emosi Isteri Ditagih Hutang, Suami Emosi Bacok Pekerja Bank Plecit

Perpustakaan harus selalu siap setiap saat untuk menunjang dan terlibat dalam pelaksanaan proses pembelajaran, baik di dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Untuk itu setiap sekolah perlu didukung dengan adanya perpustakaan sebagai sumber belajar yang mampu berfungsi dengan baik. Keberadaan perpustakaan sangat penting sebagai salah satu sumber belajar. Perpustakaan dapat digunakan sebagai sarana peningkatan wawasan dan pengetahuan, meningkatkan minat dan kebiasaan membaca siswa, sarana pencarian pengetahuan atau informasi dan perpustakaan juga dapat digunakan sebagai tempat diskusi, ajang bertukar pikiran antara kelompok belajar. Sehingga pembelajaran tidak terpaku pada proses tatap muka di kelas tetapi mampu menjadikan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Perpustakaan yang terorganisasi secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah. Hal ini, terkait dengan kemajuan bidang pendidikan dan adanya perbaikan metode belajar mengajar yang dirasakan tidak bisa dipisahkan dari masalah penyediaan fasilitas dan sarana pendidikan.

Baca juga:  Mau Santai Sembari Nguliner? Sambangi Cafe & Bakery Euphoria 

Peran guru dan pengelola perpustakaan perlu dioptimalkan agar keberhasilan pemanfaatan perpustakaan dapat tercapai. Perpustakaan bisa digunakan sebagai tempat berinteraksi dengan siswa untuk membangun hubungan langsung dalam pembelajaran. Selain itu juga untuk mengarahkan siswa dalam pemanfaatan fasilitas perustakaan yang ada. Peran pengelola perpustakaan.sebagai manajer informasi dan penanggung jawab program. Dengan bimbingan dari berbagai unsur sekolah, maka usaha pembentukan generasi yang melek informasi lebih mudah tercapai. Karya dan kreasi yang dicapai generasi muda menjadi lebih cepat dan tertata sehingga tercapai hakikat “Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar”.

 

Oleh :

Sugiyono, S.Pd.–

 Guru SMP Negeri 38 Purworejo

spot_img

TERKINI