28.8 C
Semarang
Senin, 7 Juli 2025

Dinkominfo dan BPJS Kesehatan Cabang Semarang Sosialisasi JKN

JATENGPOS.CO.ID,  SEMARANG – BPJS Kesehatan Cabang Semarang gencar melakukan sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat Kota Semarang. Tak sendirian, kali ini Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Dinkominfo) Kota Semarang mendukung penuh melalui kegiatan Roadshow Sosialisasi Keterbukaan Informasi Kota Semarang, di Kecamatan Semarang Utara, Senin (12/2/2024).

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik, Dian Ardiyanto menjelaskan, pihaknya memiliki tugas dan fungsi dalam memberikan sosialisasi terhadap pelayanan yang diampu. Utamanya terkait Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi di Kota Semarang.

“Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) berkolaborasi dengan beberapa stakeholders di Kota Semarang untuk memberikan sosialisasi terkait dengan informasi yang banyak ditanyakan maupun di cari informasinya oleh masyarakat,” ucapnya.

Salah satunya Program JKN yang cukup eksis ditanyaka melalui kanal PPID Kota Semarang. Mulai dari pelayanan administrasi, pelayanan fasilitas kesehatan dan juga Program Universal Health Coverage (UHC) yang kesekian tahunnya mampu dipertahankaan Pemerintah Kota Semarang dan terbukti turut serta membangun kesehatan masyarakat.

Secara umum, masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi melalui kanal PPID. Selanjutnya, petugas PPID yang telah bekerja sama dengan seluruh instansi vertikal dan dinas di Pemerintah Kota Semarang akan mendistribusikan informasi kepada masyarakat cepat, tepat dan akurat.

Baca juga:  Semen Gresik Gelar "Community Challenge 2021", 10 Komunitas Tampil di Final

“Kami menyerap aspirasi masyarakat, informasi kesehatan mendominasi pencarian di PPID Kota Semarang, sehingga tahun ini kami melanjutkan rodshow tematik ke beberapa kecamatan dan kedepannya ke perguruan tinggi dan kali ini kami ajak BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan,” tambahnya.

Pejabat Pengganti Sementara (Pps) Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Ika Eri Haryani mengungkapkan, BPJS Kesehatan tak hanya kali ini saja bekerja sama lintas sektoral dalam memberikan edukasi dan informasi baik kepada masyarakat umum maupun Peserta JKN.

Sebut saja, pelayanan BPJS Keliling yang setiap bulannya terus memperbarui lokasi pelayanan, pihaknya terus berkoordinasi dengan PPID Kota Semarang untuk mempublikasi kepada masyarakat. Selain itu, Peserta JKN di wilayah semarang bagian barat juga dapat mengakses pelayanan administrasi di Mall Pelayanan Publik Terminal Mangkang.

“Sebuah kesempatan baik bagi kami, bisa turut serta dalam roadshow ini, Program JKN sudah berjalan sepuluh tahun. Selain kami terus memperbaiki mutu pelayanan juga kami ingin membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat,” ucap Ika.

BPJS Kesehatan telah bertransformasi sepanjang sepuluh tahun ini, masyarakat tidak perlu kebingungan ataupun kerepotan dalam mengakses pelayanan kesehatan dengan Program JKN. peserta JKN berhak mendapatkan pelayanan mudah, cepat dan setara. Seperti, dengan cukup menunjukkan Nomor Identitas Kependudukan (NIK) atau KIS digital pada Aplikasi Mobile JKN serta tidak perlu adanya berkas fotokopi dalan mengakses pelayanan di fasilitas kesehatan.

Baca juga:  Mbak Agustin : Semarang Bisa Jadi Kota Pariwisata Berkualitas

“Memotret diskusi yang berlangsung selama roadshow, masyarakat hanya perlu kita arahkan bagaimana untuk mengakses informasi seperti jika ditemui kendala saat di rumah sakit. Kami menekankan untuk tidak perlu dan panik. Peserta dapat menghubungi petugas BPJS Satu melalui gawai. Poster-poster juga sudah marak ditempel di setiap sudut rumah sakit,” tambahnya.

Selebihnya, fleksibilitas akses layanan administrasi yang dimiliki BPJS Kesehatan telah berbasis digital. Peserta dapat memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA) pada nomor 08118165165, Care Center 165, VIKA (Voice Interactive JKN, CHIKA (Chat Assistant JKN) di nomor 08118750400.

“Peserta yang sekedar ingin mengecek keaktifan peserta, maupun membutuhkan pelayanan administrasi namu terkendala waktu dapat pula mengakses layanan digital yang di miliki BPJS Kesehatan. Jika sekiranya ada pertanyaan maupun informasi dan ingin berkomunikasi langsung Care Center 165 juga siap untuk membantu,” tutupnya.(aln)


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya