Strategi Matchmaking Dapat Dukungan Sesmen

JATENGPOS.CO.ID, JAKARTA – Strategi Matchmaking Industri Co-Branding dengan Komunitas GenPI yang diprakarsai Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Kemenpar, Hariyanto, mendapat dukungan. Tidak tanggung-tanggung, dukungan disampaikan Sekretaris Kementerian (Sesmen) Pariwisata Ukus Kuswara. Menurut Ukus, inovasi yang digagas Hariyanto sangat positif. Dan merupakan sebuah terobosan.

“Saya berani menyatakan, ini merupakan ide baru. Ide yang dapat menjembatani kerjasama sinergi. Khususnya dari unsur industri dengan komunitas. Dalam hal ini, komunitas Generasi Pesona Indonesia atau GenPI,” kata Ukus, di Jakarta, Minggu (25/11).

Dijelaskan Ukus strategi matchmaking yang digagas Hariyanto sangat menarik. Karena saling menguntungkan. Tidak hanya itu, Ukus menilai matchmaking antara industri dan komunitas masih jarang dilakukan.

Baca juga:  GenPI LS, KPID NTB dan Prodi Ilmu Komunikasi Unram Gelar Diskusi Literasi Media Digital

“Matchmaking ini akan dirasakan manfaatnya oleh kedua belah pihak. Bahkan bukan GENhanya dua pihak yang terkait, masyarakat pun bisa merasakannya. Kenapa? Karena kegiatan matchmaking berlangsung di destinasi digital milik GenPI, yang melibatkan penduduk sekitar,” paparnya. Dengan alasan itu, Ukus mengaku sangat mendukung inovasi proyek perubahan tersebut.

iklan

Dukungan dari Sesmen, sejalan dengan dukungan yang sebelumnya diberikan Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Ni Wayan Giri Adnyani. Dukungan ini sangat bermanfaat bagi Hariyanto. Sebab, Ni Wayan Giri adalah Mentor Hariyanto dalam Diklat Kepemimpinan Tk. II yang sedang dijalaninya.

Sementara Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Kemenpar Hariyanto mengatakan inovasi yang dilakukannya masih langkah awal. Program ini akan semakin dikembangkan tahun 2019 nanti.

Baca juga:  Keren, GenPI Siap Menyambut Tourism 4.0

“Matchmaking ini masih tahap awal. Kita menginisiasi kerjasama antara Hydro Coco dari industri dengan GenPI sebagai komunitas. Aktivasinya kita lakukan di Pasar Karetan, destinasi digital milik GenPI,” terang Hariyanto.

Dijelaskannya, Pasar Destinasi Digital adalah aktivitas offline dari Komunitas GenPI. Komunitas ini didukung sepenuhnya oleh Kemenpar.

“Jadi anak-anak GenPI memiliki aktivitas, yang bersifat creative values sekaligus commercial values,” paparnya.

Untuk 2019, Hariyanto mengatakan akan menginisiasi 5 matchmaking lagi. Aktivasinya akan akan dilakukan disejumlah destinasi digital milik GenPI. “Kita akan data dahulu destinasi digital untuk aktivasi. Karena kita ingin semua yang terlibat saling menguntungkan,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga memberikan dukungannya untuk strategi matchmaking yang diinisiasi Hariyanto.

Baca juga:  Coba Deh Kuliner Ndeso Salatiga Saat Mudik, Dijamin Ketagihan

“Pengembangan pemasaran pariwisata harus terus dilakukan. Inovasi-inovasi baru juga harus dikembangkan. Salah satunya, melalui strategi matchmaking. Inovasi ini menarik. Karena melibatkan industri yang sudah di branding Kemenpar dengan komunitas yang juga didukung Kemenpar. Kita membutuhkan inovasi seperti ini,” katanya.(udi)

iklan