JATENGPOS.CO.ID, Selama ini matematika masih menjadi mata pelajaran yang tidak disukai oleh para siswa. Banyak siswa yang tidak termotivasi untuk belajar matematika karena mereka berpikir bahwa matematika itu sulit dan cara pemebelajarannya tidak menarik bagi mereka. Hal ini menjadi perhatian banyak pihak, terutama guru yang terus berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan pembelajaran yang menarik. Saat mencoba memotivasi siswa, guru seringkali bertanya-tanya bagaimana cara membuat pembelajaran matematika lebih menyenangkan, bagaiamana cara meringankan hambatan mental para siswa saat belajar matematika, metode apa yang dapat digunakan untuk membantu para siswa, permainan apa yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika yang menarik, dan sumber informasi yang dapat di gali untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Metode pembelajaran matematika adalah cara untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika. Penggunaan metode yang tepat dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi adalah metode permainan dan penemuan. Metode permainan adalah metode pembelajaran dimana siswa dirangsang untuk berpikir dengan melakukan permainan tertentu untuk menanamkan konsep-konsep matematika. Sedangkan metode penemuan adalah metode pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk mendapat pengetahuan baru tanpa pemberitahuan, mereka akan menemukan pengetahuan tersebut secara mandiri dengan kegiatan pembelajaran yang sudah dirancang guru. Kedua metode ini dapat digabungkan dengan sebuah permainan matematika, misalnya permainan mengenai bilangan.
Menurut Arisnawati Ahmad Syaifudin (2012), metode permainan merupakan cara yang digunakan guru dalam menyajikan materi pelajaran dengan menciptakan suasana yang menyenangkan, serius namun santai serta tidak mengabaikan tujuan dari pelajaran yang hendak dicapai. Sehingga dalam pembelajaran ini menekankan pembentukan suasana belajar yang menyenangkan. Hasil belajar matematika khususnya materi bilangan di kelas VII SMP Negeri 1 Margoyoso masih belum maksimal. Untuk meningkatkan hasil belajar materi bilangan ini, guru mencoba menggali kreatifitas siswa dengan sebuah permainan persegi ajaib. Menurut wikipedia, persegi ajaib adalah kotak persegi yang terdiri dari nxn persegi, yang diisi dengan bilangan positif dengan ketentuan tiap persegi diisi dengan angka yang berbeda, dan jumlah di setiap baris, kolom, dan diagonal selalu sama. Guru menyajikan sebuah persegi yang terdiri dari 9 persegi kecil, dan beberapa persegi kecil tersebut telah terisi angka. Siswa diminta mengisi kotak kosong dengan angka 1 sampai 9 yang belum digunakan agar setiap kotak terisi angka yang berbeda dengan ketentuan jumlah pada setiap baris, kolom, dan diagonalnya sama.
Ternyata dengan permainan ini, suasana kelas menjadi lebih ceria dan aktif. Siswa berusaha menemukan bilangan yang tepat untuk mengisi setiap kotak yang kosong dengan tepat. Guru dapat memberikan berbagai persegi ajaib yang berbeda. Guru juga dapat memberikan persegi dengan operasi penjumlahan, pengurangan , dan pembagian untuk di isi siswa. Banyak sekali variasi soal untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi bilangan yang mengasyikkan. Tetapi karena tujuan permainan ini adalah untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan maka sebaiknya guru menyajikan persegi ajaib yang lebih sederhana yang dapat diselesaikan siswa sesuai dengan kemampuannya. Sebagai permulaan, guru dapat membuat persegi yang berukuran 5×5 kotak. Beberapa persegi sudah terisi angka dan kotak yang lain terisi tanda penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dan tanda sama dengan. kemudian siswa diminta mengisi kotak yang kosong agar menjadi benar. Sebagai tugas, guru dapat memberikan permainan yang berbeda yang berkaitan dengan bilangan untuk dikerjakan di rumah. Guru juga dapat memberikan persegi ajaib yang lebih kompleks pada siswa yang mempunyai kemampuan dan minat kepada permainan ini untuk dikerjakan di rumah.
Catur Lukmaningrum, S. Pd.
Guru SMP Negeri 1 Margoyoso