spot_img
32.6 C
Semarang
Minggu, 29 Juni 2025
spot_img

Pembelajaran Daring Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Indonesia saat ini sedang menghadapi tantangan pandemi Covid-19, pemerintah menghimbau untuk masyarakat Indonesia di rumah saja. Pandemi Covid-19 ini tidak hanya mempengaruhi sektor ekonomi dan sosial, tetapi juga sektor pendidikan yang harus beradaptasi dengan era ini. Sehingga kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran non tatap muka. Program tersebut dikenal dengan pembelajaran daring atau sistem E-learning. Menurut Isman (2016:587) pembelajaran daring merupakan pemanfaatan jaringan internet dalam proses pembelajaran. Daring dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti dalam jaringan, terhubung melalui jejaring computer dan internet. Jadi pembelajaran daring merupakan sebuah upaya membelajarkan siswa yang dilakukan tanpa tatap muka dengan melalui jaringan/internet yang telah tersedia.

Salah satu aspek yang menentukan keberhasilan pembelajaran adalah strategi pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan strategi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Terdapat beberapa strategi pembelajaran Bahasa Inggris yang dapat dipilih dan digunakan oleh para guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam empat keterampilan Bahasa Inggris yaitu speaking (berbicara), reading (membaca), listening (mendengarkan dan writing (menulis). Guru disarankan untuk menggunakan strategi variasi yang dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Strategi pembelajaran yang bervariasi dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan bahasa siswa.

Baca juga:  Belajar Matematika Mengasyikkan dengan Permainan Congklak

Strategi agar belajar bahasa Inggris secara daring dapat memberikan hasil yang maksimal. Seperti guru membuat bahan ajar percakapan atau bacaan yang sudah diterjemahkan dengan menggunakan teknologi yang sudah ada, baik berupa ms. Power Point maupun ms. Sway dan lainnya, agar anak tetap semangat dalam membaca guna menambah kosa kata bahasa Inggris. Memberikan tugas yang telah dipahaminya, siswa akan terbiasa berbicara dengan bahasa Inggris yang baik. Kemudian memberikan tugas menerjemah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

Pemahaman tata bahasa, siswa diarahkan untuk menonton beberapa media yang telah guru arahkan, baik berupa video maupun youtube, serta membiasakan siswa untuk membaca teks atau cerita dalam berbahasa Inggris agar mudah bagi siswa untuk berbicara serta mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Bisa juga dengan menggunakan audio membuat percakapan murid dengan gurunya, maupun video tatap muka guru dan murid saling bercerita dengan berbahasa Inggris yang telah diajarkan.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar PKn dengan Model PBL

Pembelajaran daring pada musim pandemi Covid-19 efektif untuk mengatasi pembelajaran yang memungkinan guru dan siswa berinteraksi dalam kelas virtual yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Pembelajaran daring dapat membuat siswa belajar mandiri dan motivasi belajar meningkat. Dengan begitu, kebiasaan berbahasa Inggris akan terbentuk dan mata pelajaran bahasa Inggris akan semakin mudah dikuasai oleh siswa.

Oleh :

Budi Rahayu, S.Pd. –

Guru SMP Negeri 38 Purworejo

spot_img

TERKINI