Hari yang ditunggu-tunggu siswa untuk bisa bertemu, berkumpul, belajar bersama di sekolah sirna sudah. Harapan tinggal harapan, apalah daya ternyata sampai saat ini virus covid-19 masih merajalela di negara kita Indonesia ini. Pemerintah mengeluarkan kebijakan PPKM darurat. Disambung lagi PPKM level 3 dan level 4 hampir di semua wilayah di Indonesia. Penyekatan dilakukan diseluruh daerah terutama di Jawa-Bali. Kantor-kantor pemerintah menetapkan WFH dan WFO bagi pegawainya. Pembelajaran awal tahun pelajaran 2021/2022 yang direncanakan secara tatap muka terbatas hanya tinggal rencana. Kegiatan belajar mengajar tahun pelajaran 2021/2022 di kabupaten Pemalang masih harus dilakukan secara pembelajaran jarak jauh atau daring.
Di  SD Negeri 02 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2021/2022 kelas VI berjumlah 36 siswa. Dengan diberlakukannya PJJ maka masalah yang dihadapi saat ini salah satunya adalah penyampaian materi pelajaran kepada siswa terutama muatan pelajaran matematika secara daring. Berdasarkan pengalaman tahun lalu maka guru memilih metode menyampaikan materi pembelajaran matematika terutama tentang operasi hitung bilangan bulat secara daring dengan memanfaatkan video pembelajaran.
Video adalah teknologi yang menangkap, merekam, mengolah, dan menggabungkan gambar-gambar diam seolah tampak seperti gambar yang bergerak. Video sebagai media digital menunjukkan susunan gambar-gambar yang dibaca secara berurutan dengan waktu tertentu sehingga memberikan ilusi, gambaran serta fantasi pada gambar yang bergerak (Munir. 2013). Sedangkan video pembelajaran adalah media yang menyajikan audio dan visual yang berisi pesan-pesan pembelajaran baik yang berisi konsep, prinsip, prosedur, teori aplikasi pengetahuan untuk membantu pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran (Cheppy Riyana. 2007)
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menyampaikan materi matematika tentang operasi hitung bilangan bulat ini adalah guru membuat materi pelajaran dalam rangkaian slide-slide powerpoint, menambahkan animasi yang sesuai pada objek transmisi slide sehingga materi tampil berurutan dan menarik, dilakukan perekaman suara yang menjelaskan materi pelajaran sesuai slide, kemudian merubah tampilan powerpoint dalam hasil rekaman video dalam bentuk MP4. Video pembelajaran yang sudah berbentuk MP4 di share ke WA grup kelas. Siswa menyimak pembelajaran sampai selesai baru kemudian diadakan tanya jawab masih di WA grup kelas. Dan diakhir kegiatan guru bisa mengadakan evaluasi tentang materi yang telah di share ke siswa.
Alasan guru memilih video pembelajaran untuk menyampaikan materi muatan pelajaran matematika   terutama tentang operasi hitung bilangan bulat adalah karena video pembelajaran mempunyai kelebihan mampu menjelaskan keadaan nyata suatu proses, mampu memperkaya penjelasan ketika diintegrasikan dengan media teks atau gambar, siswa dapat melakukan pengulangan pada bagian-bagian tertentu, lebih cepat dalam menyampaikan pesan dibandingkan dengan media teks, mampu menunjukkan secara jelas   langkah-langkah menyelesaikan suatu soal. Tetapi dengan dipilihnya video pembelajaran sebagai media pembelajaran operasi hitung bilangan bulat ini guru harus mengingatkan siswa untuk tidak hanya sekali saja menyimaknya tapi harus diulang sampai paham. Dalam menyimak video pembelajaran membutuhkan konsentrasi yang baik dari siswa.
Dengan menggunakan video pembelajaran guru telah membuktikan bahwa materi matematika kelas VI tentang operasi hitung bilangan bulat di SDN 02 Mulyoharjo bisa dipahami siswa lebih baik dan lebih cepat. Di awal pembelajaran siswa ketakutan untuk mengikuti mupel matematika tetapi sekarang siswa menjadi lebih tertarik dan semangat untuk mengikuti pembelajaran mupel matematika. Siswa bisa menyelesaikan tugas matematika dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dicontohkan guru pada video pembelajaran. Orang tua siswa pun merasa senang karena beban untuk mengajari siswa di rumah menjadi berkurang.
Oleh
Sri Endang Sulastri, S.Pd.SD
Guru SD Negeri 02 Mulyoharjo Kabupaten Pemalang