Media Gambar Gairahkan Pembelajaran BTQ

Evy Endaryanti,S.Pd.I

KEMAJUAN ilmu pengetahuan dan tekhnologi membawa ke suatu perubahan yang sangat kuat bagi kehidupan manusia,khususnya di dalam bidang pendidikan yang sangat berkaitan erat  dengan penyusunan dan implementasi strategi pembelajaran.Dengan mengikuti era  kemajuan seperti sekarang ini terciptalah media  pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran,ini dimaksud untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

                   Disini media gambar dipilih oleh pendidik untuk  membantu agar penyampaian materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan semenarik dan sekreatif  mungkin agar peserta didik dapat menerima  pembelajaran  dengan  baik  dan bersemangat.Pengertian  media  gambar  adalah media yang  dipergunakan  untuk  memvisualisasikan  atau menyalurkan  pesan  dari  pendidik  kepada  peserta didik.Menurut  Oemar Hamalik [1986;43] Gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual dalam bentuk dua dimensi sebagai curahan perasaan dan pikiran.

                   Pemakaian media gambar dalam proses belajar mengajar juga dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru bagi peserta didik,membangkitkan motivasi belajar dan bahkan membawa pengaruh psikologi terhadap peserta didik serta meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran.Di SDN Gentan 03 Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo pada tahun pelajaran 2020/2021 di kelas 1 pemakaian ,media gambar dalam proses belajar mengajar mata pelajaran BTQ berjalan dengan baik dan bagus.Dalam suatu proses belajar mengajar dua unsur yang amat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran.Dalam memilih media perlu diperhatikan antara lain tujuan pembelajaran,jenis tugas,dan respon yang diharapkan peserta didik kuasai setelah pembelajaran berlangsung.

Baca juga:  Mendalami Sifat bunyi dan Indera Pendengaran melalui TSTS

                   Salah satu fungsi utama media gambar dalam pembelajaran BTQ [Baca Tulis Al Quran] adalah sebagai alat bantu mengajar yang ditata dan dipersiapkan oleh pendidik  berusaha dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar dan bahkan dapat membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap peserta didik.Dengan penggunaan media gambar akan sangat membantu keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu.Pelajaran BTQ merupakan suatu pelajaran muatan lokal yang mempelajari bagaimana cara membaca dan menulis Al Quran sesuai kaidah-kaidah yang baik dan benar.Sedangkan tujuan pelajaran BTQ [Baca Tulis Al Quran] adalah agar peserta didik dapat memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Quran dalam kehidupan sehari-hari,sehingga terbentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia.

iklan
Baca juga:  Untung Rugi Sistem Zonasi

                    Media gambar memiliki tiga peranan yaitu,peran sebagai penarik perhatian,peran komunikasi,dan peran ingatan [Umi Rosyidah dkk,2008;96].Media gambar dapat disimpulkan sebagai alat-alat atau bahan yang berfungsi  mengoptimalkan  komunikasi pembelajaran baik dengan cara merangsang alat indera peserta didik,pikiran nya,perasaan nya dan minat belajar nya.Di SDN Gentan 03 Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo pendidik menggunakan media belajar BTQ berupa huruf-huruf hijaiyah yang dipasang di dinding sekolah.Gambar-gambar huruf hijaiyah dibuat pendidik semenarik mungkin dengan corak dan warna warni gambar agar peserta didik dapat memahami dengan baik.Jenis-jenis  media gambar yang dipakai selain huruf ada juga poster dan gambar yang bisa dipasang di dinding sekolah,peserta didik akan lebih tertarik dengan penggunaan media gambar ini.Kelebihgan dari media gambar yang digunakan ini lebih realistis,murah harga nya,mudah didapat serta mudah digunakan’Adapun kelemahan dari media gambar yang digunakan pendidik antara lain hanya menampilkan persepsi indera mata dan hanya diinterprestasikan secara personal.

Baca juga:  Pelajaran Seni Budaya itu (tidak) Penting !

Kesimpulan dari penggunaan media gambar dalam pembelajaran BTQ kelas 1 di SDN Gentan 03 Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo para peserta didik dapat menerima dan menagkap isi dari media gambar yang telah digunakan oleh pendidik sehingga  tujuan pembelajaran dapat terlaksana  sesuai rencana  pembelajaran serta  meningkatkan hasil belajar peserta didik.(*)

Oleh:

Evy Endaryanti,S.Pd.I

Guru PAI

SD N Gentan 03,Bulu,Sukoharjo

iklan