Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia kurang lebih 2 tahun lalu telah mengubah cara hidup masyarakat termasuk metode pembelajaran bagi sekolah dan anak. Jika dahulu kegiatan belajar-mengajar lazim dilakukan secara tatap muka, namun akibat pandemi muncul istilah atau metode atau juga Pembelajaran Jarak Jauh. Situasi ini berdampak pada beberapa kebijakan termasuk pada pola pembelajaran yang berubah dari Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi dalam jaringan (Daring). Dengan pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini, terdapat beberapa masalah yang muncul.
Untuk mengatasi masalah tersebut pembelajaran Matematika di SD Negeri Tambahsari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal menggunakan metode yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh dari rumah. Saat ini smartphone atau gadget bukanlah barang mewah. Maka, sangat mungkin smartphone atau gadget dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media atau sarana pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi Covid – 19.
Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan untuk semua peserta didik mulai dari sekolah dasar sampai ke jenjang pendidikan berikutnya. Matematika secara umum dipandang oleh peserta didik sebagai mata pelajaran yang sulit. Karena pembelajaran yang monoton ataupun karena tidak menyenagkan belajar matematika.
Aplikasi pembelajaran quizziz yang dapat digunakan oleh guru sebagai alternative pembelajaran matematika yang menyenangkan dan dapat dipergunakan untuk membuat permainan kuis interaktif dalam pembelajaran di kelas. Kuis interaktif dibuat dengan empat pilihan jawaban yang benar dan dapat juga ditambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan.
Bila pembuatan kuis sudah jadi, kita dapat membagikan kode ke peserta didik agar peserta didik dapat login ke kuis tersebut. Pada quizziz juga tertera data dan statistik tentang kinerja peserta didik. Guru dapat melacak berapa peserta didik yang menjawab pertanyaann yang telah dibuat, pertanyaan yang harus dijawab dan banyak lagi. Quizziz juga memberika fitur “PR(pekerjaan rumah)”, sehingga pekerjaan rumah peserta didik dapat dikerjakan kapan saja dan dari mana saja. Quizziz juga merupakan aplikasi pendidikan berbasis game, membuat aktivitas di ruang kelas menjadi interaktif dan menyenangkan. Quizziz juga memungkinkan peserta didik untuk saling bersaing dan memotivasi mereka belajar sehingga hasil belajar bisa meningkat. Peserta didik mengerjakan kuis pada saat yang sama di ruang kelas quizziz dan peserta didik dapat melihat peringkat setelah selesai mengerjakan.
Guru dapat memantau prosesnya dan mengunduh hasilnya ketika kuis selesai untuk mengevaluasi kinerja peserta didik. Quizziz dapat membantu motivasi belajar peserta didik dan meningkatkan hasil belajar yang selama ini ujian pakai kertas. Peserta didik akan merasa ditantang, karena ada skor yang diperoleh dengan menjawab secara cepat dan tepat, kecepatan aka nada skor sendiri. Selain itu aka nada persaingan, karena quizziz langsung membuat rangking yang bersifat live antar peserta Quizziz. Kelebihan quizizz bagi peserta didik adalah peserta didik tidak dapat mencontek sesama temannya, karena soal yang diberikan kepada peserta didik satu dengan yang lainnya telah diacak.
Pembelajaran yang menyenangkan dapat diciptakan melalui penggunaan berbagai macam model atau metode pembelajaran ataupun dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga dapat membuat peserta didik menjadi bersemangat untuk belajar dan lebih mudah memahami materi. Penggunaan yang mudah dan hasil yang cepat dalam proses penilaiannya menjadikan aplikasi ini layak digunakan sebagai aplikasi pembelajaran yang mendukung revolusi pembelajaran 4.0, sehingga peserta didik memiliki minat dan motivasi yang kuat untuk belajar.
Iskadariyah, S.Pd.SD.
Guru SDN Tambahsari Limbangan