Pelajaran IPA sangat erat kaitanya dengan segala sesuatu yang ada disekitar kita. Ilmu Pengetahuan Alam pada jenjang SMP merupakan perpaduan antara ilmu fiika dan ilmu biologi. Menurut Asikin (2018:32) Pembelajaran IPA terpadu pada jenjang SMP mempunyai tujuan untuk membekali siswa dengan pemahaman mahluk hidup beserta lingkungannya (biologi) dan pengetahuan tentang materi, dan energy serta interaksi keduanya (fisika). Salah satu materi yang dipelajari oleh siswa kelas VIII adalah Pesawat Sederhana. Materi ini lebih jelas lagi dijabarkan dalam Kompetensi Dasar 3.3 Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannyadalam kehidupan sehari-hari, termasuk kerja otot pada struktur rangkan manusia. Materi ini sangat penting diajarkan kepada siswa mengingat pesawat sederhana berfungsi sebagai alat bantu yang bisa meringankan pekerjan manusia. Adapun jenis pesawat sederhana yang dipelajari diantaranya: pengungkit, bidang miring, katrol dan roda.
Ativitas pembelajaran pesawat sederhana pada siswa kelas VIII SMP Satu Atap Rogoselo Kabupaten Pekalongan masih belum bisa berjalan dengan baik. Masih banyak anak yang belum bisa mencapai angka ketuntasan. Hanya 35.50 % siswa yang berhasil mencapai KKM. Tidak semua siswa mengikuti penjelasan materi oleh guru dengan baik. Sebagian dari mereka malah asik mengobrol dan bermain dengan teman sebangku. Sehingga celotehan yang mereka buat malah membikin kegaduhan saat proses pembelajaran berlangsung. Kurangnya media pembelajaran sebagai sarana pendukung juga menjadikan siswa lebih mudah bosan dan jenuh. Selain itu guru dalam menyampaikan materi tidak menggunakan variasi model atau metode pembelajaran. Permasalahan tersebut pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa. Sehingga dibutuhkan sebuah penyelesaian. Salah satu yang bisa digunakan adalah pemilihan metode pembelajaran yang bisa menarik siswa dalam mengikutinya.
Menurut Silberman (2009: 171) metode everyone is a teacher here adalah sebuah metode pembelajaran dimana peran siswa lebih dioptimalkan sebagai rekan pengajar untuk teman sebaya dan guru hanya berperan sebagai fasilitator. Metode ini menuntut anak untuk belajar mandiri. Dimana mereka bisa membaca buku atau mencari referensi materi secara luas agar mereka mampu menjawab pertanyaan yang nantinya diberikan secara acak. Adapun langkah langkah pembelajaran yang dilakukan adalah sebagai berikut: Pertama, Mintalah peserta didik untuk mempelajari materi pada KD.3.3 tentang pesawat sederhana, lalu mereka diminta untuk menuliskan satu pertanyaan tentang materi tersebut secarik kertas. Kedua, Pertanyaan yang sudah mereka tulis kemudian diacak dan dibagikan kembali kepada peserta didik, sehingga tiap peserta didik akan memperoleh pertanyaan dari temanya. Ketiga, mintalah tiap peserta didik untuk membacakan pertanyaan yang didapat lalu menjawabnya, sedangkan peserta didik yang lain bisa memberikan tanggapan atas jawaban temannya. Keempat, Berikan poin untuk peserta didik yang bisa menjawab dan memberi tanggapan dengan benar, sehingga akan memotivasi peserta didik yang lain. Terakhir, guru mengajak seluruh peserta didik untuk menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama.
Penerapan metode everyone is a teacher here pada pembelajaran Pesawat sederhana di kelas VIII SMP Satu Atap Rogoselo Kabupaten Pekalongan sangatlah efektif untuk dilakukan. Metode ini mengajak anak agar seolah olah menjadi guru. Mereka harus menguasai materi agar bisa menjelaskan dan menjawab pertanyaan terkait materi Pesawat sederhana. Hasil belajar yang diperoleh mengalami peningkatan yang besar. Rata rata pada nilai PH mencapai 85.50 dengan presentase ketuntasan sebesar 90.35%. Selain itu siswa menjadi aktif dalam mengikuti tahapan pembelajaran. Mereka harus benar benar siap akan penguasaan materi karena mereka nantinya harus bertanggung jawab atas pertanyaan yang didapat.
Suprihatin,SPd
Guru SMP Satu Atap Rogoselo Kab.Pekalongan