Kinemaster Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

Siti Marijah, S.Pd.I

Pandemi Covid -19 belum juga berlalu dari bumi tercinta ini. Sudah satu tahun lebih proses belajar mengajar dilakukan secara daring, atau yang lebih populer dengan sebutan PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh). Tidak sedikit orang tua mengeluh dengan adanya pembelajaran saat ini. Karena mereka juga dituntut untuk bisa mendampingi putra putrinya ketika belajar di rumah. Begitu pula dengan guru, mereka juga harus bisa memberikan pembelajaran yang sesuai dengan keadaan saat ini. Mereka harus berpikir bagaimana caranya agar pembelajaran secara daring bisa dilaksanakan dengan baik dan tidak membosankan.

Hal ini juga terjadi di SDN 1 Bantarsoka Korwilcam Dindik Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Khususnya pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas I – VI.  Selama ini pembelajaran yang sering dilakukan oleh penulis adalah pembelajaran melalui grup whatsapp ( WA). Namun penggunaan aplikasi chat tersebut membuat siswa menjadi jenuh.  Apalagi bila pembelajaran hanya disuruh melihat youtube dan pemberian tugas saja. Siswa ada yang bosan, karena seolah-olah tidak diajar langsung oleh gurunya.  Sehingga banyak orang tua yang bertanya kapan pembelajaran tatap muka segera dimulai. Terkadang mereka ada yang mengeluh tidak bisa sabar ketika mendampingi putra putrinya belajar. Anaknya kadang malah menjadi marah-marah. Akhirnya belajar mereka menjadi kurang maksimal.

Baca juga:  Pembelajaran IPA dengan “TUMAYA” dan “BURSA THT”

Berdasarkan uraian di atas, penulis dituntut untuk melakukan inovasi pembelajaran agar lebih menarik siswa. Seiring perkembangan pendidikan, media pembelajaran yang saat ini digunakan oleh guru sangat bervariasi. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sehingga penulis harus bisa mencari solusi agar siswa kembali meningkat motivasi belajarnya.  Siswa akan senang mengikuti pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman materi yang diajarkan. Salah satu cara yang penulis lakukan adalah dengan pembuatan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster. Walau masih banyak juga aplikasi-aplikasi yang lain. Kinemaster adalah sebuah perangkat lunak ponsel pintar yang khusus digunakan untuk keperluan pengeditan video. Perangkat lunak ini dikembangkan oleh Nex Streaming. Perangkat lunak ini pertama kali dirilis pada tahun 2013. Aplikasi ini menghadirkan tampilan yang cukup simple, akan tetapi menyimpan banyak fitur untuk keperluan editing. Sehingga guru dapat menyesuaikan materi yang yang hendak diajarkan kepada siswa. Guru juga dapat menambahkan sisipan berupa music, gambar, tulisan bahkan animasi yang menarik. Dengan demikian video pembelajaran melalui aplikasi ini akan lebih menarik siswa. Siswa akan lebih termotivasi dalam belajarnya.

Baca juga:  Kooperatif TipeTPS padaPembelajaran Matematika di SMP/MTs

Menurut Purwanto ( 2017 ) menyatakan bahwa motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk bertindak melakukan sesuatu. Motivasi belajar  dalam diri siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda. Ada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan juga ada juga siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Motivasi belajar yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar. Sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa. Dalam proses pembelajaran, guru adalah faktor penentu keberhasilan.Pembelajaran yang memiliki kualitas baik, akan memperoleh hasil belajar yang baik juga.


Dari uraian tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa keberhasilan suatu proses pembelajaran adalah adanya pemanfaatan media yang menarik. Sehingga akan membuat siswa tertarik pada materi pelajaran yang diajarkan. Siswa akan lebih termotivasi dalam belajarnya. Dan tentunya akan berdampak positif juga pada hasil belajar. Sehingga walaupun pembelajaran masih lewat daring akan terlaksana dengan baik.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Permainan Let’s Play

 

Oleh    :

Siti Marijah, S.Pd.I

GPAI SDN 1 Bantarsoka

Korwilcam Dindik Purwokerto Barat

Kabupaten Banyumas