25 C
Semarang
Rabu, 17 Desember 2025

Metode Pembiasaan Tingkatkan Kemampuan Hafalan Siswa

Kegiatan pembelajaran pada dasarnya selalu terkait dengan bagaimana membelajarkan siswa agar mudah menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Permasalahan yang sering dijumpai ,khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, siswa sering mengalami kesulitan dalam menghafal materi ayat-ayat Al Qur’an pilihan. Hal ini disebabkan kemampuan membaca siswa yang belum lancar dan alokasi waktu pelajaran yang terbatas.  Kondisi demikian sebelumnya juga terjadi di SMPN 11 Purworejo. Setiap pelajaran Pendidikan Agama Islam yang terkait materi hafalan ayat-ayat Al Qur’an, siswa sering mengeluh sulit menghafal dan pada akhirnya tidak hafal ketika diuji praktik hafalannya.

            Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menghafal ayat-ayat Al Qur’an tersebut perlu penerapan metode yang tepat dan efektif. karena metode pembelajaran yang digunakan akan turut menentukan berhasil dan tidaknya suatu proses belajar mengajar. Menurut Hamruni (2008:108) Keberhasilan proses pembelajaran, menurut para ahli pendidikan Islam sangat tergantung pada pemilihan metode pembelajaran yang digunakan. Metode pembelajaran yang tidak tepat akan membuat proses pembelajaran tidak efektif, hal ini akan menjadi penghambat kelancaran proses pembelajaran.

            Sebenarnya ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal materi ayat-ayat Al Qur’an pilihan bagi siswa. Salah satunya melalui metode pembiasaan. Pembiasaan adalah sesuatu yang secara sengaja dilakukan berulang-ulang agar sesuatu itu dapat menjadi kebiasaan. Sehingga dengan praktik dan mengalami secara kontinue, anak akan lebih mudah menangkap apa yang diajarkan dan senantiasa akan mereka ingat, membekas menjadi inner experience (Warsah, et.al., 2020).

Baca juga:  Koptif dalam Cerita Fantasi Tingkatkan Motivasi Belajar Siswa

            Pembiasaan yang dilakukan di SMPN 11 Purworejo dalam meningkatkan kemampuan menghafal materi ayat-ayat Al Qur’an pilihan adalah dilakukan dengan cara: pertama, di masa awal semester materi ayat-ayat Al Qur’an pilihan selalu dibaca rutin oleh guru PAI dan siswa secara bersama-sama di setiap awal pembelajaran sebelum mulai kegiatan belajar mengajar dan dilakukan pengulangan dua sampai tiga kali. Kedua, di pertengahan semester siswa sudah tidak membaca lagi. Siswa sudah mulai bisa menghafal ayat-ayat tersebut secara bersama-sama dengan dengan panduan dan pantauan guru tanpa melihat teks. Dilakukan setiap awal pembelajaran dan dilakukan pengulangan dua sampai tiga kali. Kenapa harus diulang-ulang? Karena Inti dari pembiasaan ialah pengulangan. Melalui pengulangan, kebiasaan (karakter) yang melekat pada diri siswa nantinya siswa tidak perlu memerlukan pemikiran yang banyak untuk menghafal. Selanjutnya yang ketiga, di akhir semester siswa sudah benar-benar menghafal dengan baik ayat-ayat Al Qur’an pilihan tersebut secara mandiri. Sebagai contoh jika guru setiap masuk kelas mengucapkan salam, itu telah dapat diartikan sebagai usaha membiasakan. Begitu juga ketika guru PAI setiap masuk kelas mengajak siswanya untuk membaca dan menghafal bersama-sama materi ayat-ayat Al Qur’an pilihan, meskipun hanya dua sampai tiga kali saja dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya secara konsisten. Maka kegiatan pembiasaan ini akan mampu meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik dengan baik. Sehingga siswa dapat menghadapi kegiatan Penilaian Akhir Semester dengan lebih percaya diri karena benar-benar hafal materi ayat-ayat Al Qur’an pilihan yang telah diajarkan dan yang akan diujikan.

Baca juga:  Metode Eksperimen Tingkatkan Prestasi Belajar IPA

            Metode pembiasaan ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan hafalan siswa dengan baik dan ramah anak. Dimana siswa merasa tidak terbebani dan pada akhirnya mampu hafal dengan sendirinya. Dengan demikian pembiasaan merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan tidak hanya dalam hal menghafal ayat saja, namun dapat digunakan juga dalam hal pembiasaan hal baik lainnya seperti pembiasaan karakter, ibadah, dan keimanan.

Oleh:

Habib Bahrodin

Guru PAI SMPN 11 Purworejo



TERKINI


Rekomendasi

...