Pendidikan Sekolah Dasar (SD) merupakan proses awal dan sebuah pondasi dalam pembelajaran dasar ke tingkat pembelajaran selanjutnya. Pendidikan tidak hanya menjadi pembelajaran semata, namun pendidikan mampu mempengaruhi perkembangan manusia dalam kepribadian dan kehidupan mereka, untuk mewujudkan pendidikan diperlukan pembelajaran. Pembelajaran pada dasarnya adalah sebuah proses interaksi antara pendidik dan siswa. Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan pendidik untuk mentransfer ilmu pengetahuan, dan pembentukan sikap serta karakter siswa.
Aktivitas pembelajaran Bahasa Indonesia kelas III di SDN 1 Karangkobar pada materi menulis cerita berdasarkan gambar belum sesuai harapan dari 38 siswa hanya 12 siswa yang mencapai KKM. . Hal disebabkan oleh : 1) Penyampaian materi abstrak. 2) Proses pembelajaran kurang menarik. 3) Siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Adanya permasalahan dan kendala yang ditemukan di kelas , maka penulis berupaya memperbaiki pembelajaran mengguankan Media Gambar Berseri.
Menurut Sapari (dalam Hasnindah, 2011: 8) mengemukakan bahwa
Media gambar seri merupakan serangkaian gambar yang terdiri dari 2 hingga 6 gambar yang menceritakan suatu kesatuan cerita yang dapat dijadikan alur pemikiran siswa dalam mengarang, setiap gambar dapat dijadikan paragraf. Sadiman (2002: 29) mengemukakan bahwa gambar adalah media yang paling umum dipakai dan merupakan bahasa yang umum, yang dapat dimengerti dan dinikmati di mana-mana serta gambar dapat mengatasi batasan ruang dan waktu.. Gambar berseri adalah rangkaian gambar yang terdiri atas dua gambar atau lebih yang merupakan satu kesatuan cerita.
Langkah – langkah pmbelajaran menggunakan Gambar Berseri adalah sebagai berikut : 1) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) Guru menjelaskan konsep materi menuliskan cerita berdasarkan gambar. 3) Siswa dibagi dalam beberapa kelompok . 4 ) Siswa secara berkelompok menuliskan sebuah karangan sederhana dari hasil gambar seri .5 ) Secara giliran tiap kelompok membacakan hasil karyanya.
Kelebihan media gambar berseri sebagai berikut : 1 ). Materi yang diajarkan lebih terarah karena pada awal pembelajaran guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai dan materi secara singkat terlebih dahulu. 2 ). Peserta didik lebih cepat menangkap materi ajar karena guru menunjukkan gambar-gambar mengenai materi yang dipelajari. 3 ). Dapat meningkatkan daya nalar atau daya pikir peserta didik karena peserta didik diperintah guru untuk menganalisis gambar yang ada. 4 ). Dapat meningkatkan tanggung jawab peserta didik, 5 ). Pembelajaran lebih berkesan, sebab peserta didik dapat mengamati langsung gambar yang telah dipersiapkan.
Kelemahan Media Gambar Berseri : 1 ) Kesulitan mencari gambar-gambar yang bagus dan berkualitas serta sesuai dengan materi pelajaran. 2 ). Banyak gambar kurang sesuai dengan daya nalar atau kompetensi peserta didik yang dimiliki. 3 ). Baik guru ataupun peserta didik belum terbiasa dalam menggunakan gambar sebagai bahan utama dalam membahas materi pelajaran. 4 ). Tidak tersedianya dana khusus untuk menemukan atau mengadakan gambar- gambar yang diinginkan . Upaya untuk mengatasi kekurangan- kekurangan diantaranya : 1 ) Pilih gambar sesuai dengan materi dan kompetensi siswa. 2 ) Gunakan gambar sebaik mungkin untuk pembelajaran.
Setelah mengunakan Media Gambar Berseri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis cerita berdasarkan gambar terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 1 Karangkobar. Hal ini dibuktikan dengan nilai ulangan harian siswa dari semula hanya 12 siswa yang tuntas meningkat menjadi 38 siswa tuntas belajar sesuai KKM yang ditetapkan .
.
Oleh : Sutaryo,S.Pd.SD
Guru SD Negeri 1 Karangkobar Kecamatan Karangkobar
Kabupaten Banjarnegara