Penguasaan kosa kata adalah kegiatan menguasai atau kemampuan memahami dan
Menggunakan kata –kata yg terdapat dalam suatu bahasa lisan maupun tulisan.Penguasaan kosa kata sangat diperlukan karena semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang ,semakin mudah pula ia menyampaikan dan menerima informasi,bahkan kosakata dapat dipakai sebagai ukuran
kepandaian seseorang.Adapun kosakata itu sendiri berarti perbendaharaan kata atau kekayaan kata yang dipakai sebagai tolok ukur ketrampilan berbahasa.Wawasan kata yang digunakan serta
ketepatan pemakaiaannya dalam konteks kalimat.Kosakata yang dikuasai siswa dilihat berdasar
kan penguasaan sinonim,antonin dan makna istilah.
Berdasarkan hasil observasi di SMA N 1 Tahunan kemampuan penguasaan kosa kata
Bahasa Inggris di kelas xi bahasa masih rendah.Hal ini dapat dilihat dari nilai hasil ulangan harian siswa pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020 / 2021yang masih rendah,serta tes lisan oleh
guru dalam proses belajar di kelas.Dari 36 siswa hanya 9 siswa atau 25 % saja yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan KKM yaitu 69, sisanya 75 % belum tuntas.
Meskipun pembelajaran dilaksanakan secara daring namun keterkaitan antara materi dan media harus menarik bagi siswa agar pembelajaran tidak monoton. Salah satu media pembelajaran menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan
kosa kata salah satunya adalah crossword puzzle ( teka teki silang ).Teka teki silang dapat dilakukan secara perorangan maupun kelompok.Permainan yang dilakukan secara kelompok akan meningkatkan interaki social anak dan juga dapat meningkatkan ketrampilan serta pemahaman siswa khususnya dalam materi yang bersifat konseptual.Mengisi teka teki silang dapat memicu aktivitas berpikir sehingga kondisi yang terjadi saat mengisi teka teki silang adalah santai, senang dan,siswa tetap belajar.Mekipun teka teki silang pada dasarnya adalah suatu bentuk permainan namun permainan tersebut bersifat mendidik karena selain menyenangkan juga akan mengasah kemampuan. Menurut Zaini ( 2007 : 71-72 ) teka teki silang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung.
Penerapan media ini dapat melibatkan partisipasi siswa secara aktif selama pembelajaran berlangsung.Secara tidak sengaja siswa akan menghafal kata kata yang telah di pelajari dengan permainan teka teki silang ini.Hal ini akan berpegaruh terhadap pemahaman siswa.
Penerapan media teka teki silang memberikan pengaruh positif kepada siswa agar lebih mudah
memahami dan mengingat materi yang disampaikan oleh guru dan membantu siswa menjadi
lebih aktif mengikuti proses pembelajaran.Hal ini bisa dilihat bahwa nilai pretes siswa 60 %
dan nilai postes 85 %.Perbandingan hasil pretes dan postes menunjukkan perubahan yang signifikan,ini artinya ada peningkatan penguasaan kosa kata siswa.Secara praktis media pembelajaran teka teki silang dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan proses pembelajaran yang lebih aktif dan menarik.
Dari hasil kajian diatas,motivasi belajar siswa ternyata bisa kita tingkatkan menggunakan crossword puzzle daripada berbasis teks.Melalui media tersebut hasil belajar siswa meningkat.
Oleh
Nur Chayati,S.Pd
Guru SMA Negeri 1 Tahunan