30.6 C
Semarang
Jumat, 15 Agustus 2025

Kancing Positif dan Negatif Tingkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Bilangan Bulat di Kelas VI

Matematika merupakan ilmu yang universal mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini juga dilandasi oleh perkembangan matematika. Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini. Seperti dalam pembelajaran matematika materi penjumlahan bilangan bulat siswa harus menguasai benar konsep dasar penjumlahan bilangan bulat.

Menurut Bruner (Hudoyo, 1988 : 56), belajar matematika adalah belajar tentang konsep-konsep dan struktur-struktur matematika dalam materi yang dipelajari serta mencari hubungan-hubungan antara konsep-konsep dan struktur-struktur matematika. Penguasaan konsep dalam penjumlahan bilangan bulat dapat mempergunakan pasangan kancing positif dan kancing negatif. Penjumlahan bilangan bulat menggunakan pasangan kancing positif dan kancing negatif dapat disampaikan sebagai berikut. Simbol kancing positif (lingkaran kecil diberi tanda positif) untuk bilangan positif dan simbol kancing negatif (lingkaran kecil diberi tanda negatif) untuk bilangan negatif.

Baca juga:  Puzpen Tingkatkan Keterampilan Menghitung Pecahan

Dengan catatan pasangan kancing positif dan kancing negatif menyatakan bilangan nol. Penjumlahan dengan nol tidak berati tidak mengubah nilai atau tetap. Pada penjumlahan bilangan bulat positif dan negatif kancing tidak mempunyai pasangan merupakan hasil. Empat ditambah negatif dua sama dengan titik-titik, sediakan kancing positif  empat dan kancing negatif dua kemudian dipasangkan dari pemasangan tersebut diperoleh dua pasangan kancing positif dan kancing negatif.

Dua kancing positif tidak mempunyai pasangan. Dua kancing posisif ini merupakan hasil. Sehingga empat ditambah negatif dua hasil adalah dua. Negatif lima ditambah dua sama dengan titik-titik. Siapkan kancing negatif lima dan kancing positif dua. Kemudian lima kancing negatif dan dua kancing positif dipasangkan. Diperoleh dua pasangan kancing negatif dan kancing posisif. Tiga kancing negatif tak berpasangan sehingga diperoleh tiga kancing negatif tidak mempunyai pasangan. Tiga kancing negatif ini merupakan hasil dari memasangkan.

Baca juga:  Mind Mapping Permudah Mempelajari Rasul Allah

Sehingga negatif lima ditambah dua hasilnya adalah negatif tiga. Siswa menghitung penjumlah bilangan bulat menggunakan pasangan kancing posif dan kancing negatif sangat mudah. Pada penilaian indikator penjumlahan bilangan bulat sembilan puluh persen siswa memperoleh nilai diatas KKM di mana KKM indikator penjumlahan bilangan bilangan  di kelas VI SDN Kragilan adalah tujuh puluh lima. Simpulan Pembelajaran penjumlahan bilangan bulat menggunakan kancing positif dan kancing negatif di kelas VI SDN Kragilan meningkat.

 

Supriyati, S.Pd.

SDN Kragilan Pakis Magelang


TERKINI

Rekomendasi

Lainnya