Rakor dan Monitoring Pemutakhiran Pedataan Keluarga di Kecamatan Bonang

JATENGPOS.CO.ID,  DEMAK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Demak melaksanakan rapat koordinasi pembantu pembina keluarga berencana desa (PPKBD) Ngudi Lestari Kecamatan Bonang.

Acara yang berlangsung di rumah PPKBD Desa Kembangan, Hafidlin, dihadiri oleh Kabid P2PP Dinpermades P2KB Demak, Sukarjo, SKM, M.Kes.

Kegiatan bulanan itu juga dihadiri PKB atau PLKB Balai Penyuluh KB Kecamatan Bonang beserta PPKBD Kecamatan Bonang.

Dalam kegiatan itu,  Sukarjo, SKM,M.Kes meyampaikan beberapa hal antara lain bahwa kegiatan rakor PPKBD perlu dimonitoring dalam pertanggung jawaban penyaluran uang saku PPKBD setiap bulannya.

iklan

Selaian itu ia juga menyampaikan agar kegiatan pemutakhiran pendataan keluarga tahun 2022 (PK22) bisa dilaksanankan oleh kader pendata dalam pemutakhiran atau memverifikasi data PK21 secara valid dan sesuai dengan kondisi data saat ini.

Baca juga:  Ratusan ASN Batang Melakukan Tes Urine dari BNN Jateng

“Untuk penginputan, verval Bonang sudah 100 persen,” katanya.

Sukarjo menambahkan, untuk PPKBD bisa mendengarkan radio RBK FM di chanel 98.00 sebagai bahan KIE dalam penurunan stunting dan program KB.

Sementara itu, Tri Larasati Koordinator Balai Penyuluh KB Kecamatan Bonang mengevaluasi beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan yaitu pengisian link penghargaan pengabdian IMP oleh PPKBD 10 tahun dan 20 tahun.

Kemudian ia juga menyampaikan roadshow pelaksanaan orientasi TPK yang ke dua, serta SPJ TPK Agustus Kecamatan Bonang sudah dikirim ke Kabupaten.

Tri juga menyampaikan terkait sosialisasi pemutakhiran PK22 untuk Kecamatan Bonang sebelumnya telah diikuti oleh 12 desa disertai dengan laporan pro PN kegiatan Poktan terkait bina keluarga balita (BKB), bina keluarga remaja (BKR), bina keluarga lansia (BKL), dan usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (UPPKA) untuk lebih ditingkatkan.

Baca juga:  Pelaku tak Mau Merepotkan Tetangga

“Kegiatan poktan dan pokja kampung KB sudah terlaksana dengan baik,” kata Tri.

Lebih lanjut Tri melanjutkan bahwa monitoring dan evaluasi kegiatan pemberdayaan masyarakat di kampung KB dalam rangka percepatan penurunan stunting dan lomba menu sehat dalam atasi stunting berbasis bahan lokal sudah terlaksana di desa Serangan.

Selanjutnya akan dilaksanakannya pelayanan KB dalam rangka TMKK pada tanggal 23 september 2022 di PMB Titik Muslikhah Jali dan tanggal 28 September 2022 di Puskesmas Bonang 1.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kerja PKB atau PLKB dan PPKBD Kecamatan Bonang dalam mensukseskan program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting,” ujarnya. (*)

iklan