TINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MIPELE

Penggunaan media interaktif pelaku ekonomi berbasis animasi macromedia flashplayer dalam pembelajaran IPS dapat memotivasi siswa sehingga siswa dengan sendirinya muncul semangat belajarnya. Pendapat dari Sardiman (2010), ketika siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi, dari situlah dampak dari media interaktif berbasis animasi dapat menjadi suport dalam diri siswa untuk lebih memaksimalkan potensi belajar yang lebih baik. Berdasarkan kenyataan yang dihadapi oleh penulis, bahwa kondisi aktivitas belajar siswa di SMP N 1 Kledung masih bersifat “teacher centered”, hal ini dapat dilihat dari kurangnya keaktifan siswa dalam mencari dan menggali informasi dari sumber yang mereka baca. Hasil belajarpun jauh dari yang diharapkan karena siswa masih kesulitan menerima dan memahami pelajaran. Kondisi siswa yang tidak bisa “stay tuned” dan lebih banyak merasa bosan dan sering mengalihkan perhatian dengan hal-hal yang dapat mengganggu proses belajar. Untuk menghindari dari situasi tersebut maka penulis merancang model pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran IPS, karena dengan model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggali informasi secara aktif, interaktif, dan kreatif.

Baca juga:  Menciptakan Sekolah Nol Sampah

Media adalah alat bantu apasaja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan pembelajaran (Djamarah dan Aswan Zain, 2010:121). Munadi (2008:7), menjelaskan bahwa media pembelajaran dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efektif dan efisien. Media interaktif pelaku ekonomi dibuat karena pada materi ini terdapat interaksi siswa dalam menggali informasi melalui animasi, audio, dan video. Diharapkan siswa lebih tertantang untuk mempelajari materi-materi yang disajikan sehingga keaktifan dan minat siswa untuk belajar dapat dipertahankan dengan baik, selain itu di dalam media interaktif ini juga disertai cuplikan video yang membangkitkan pemahaman secara mandiri siswa. Setelah siswa secara runtut mempelajari materi maka siswa diharuskan menjawab soal yang disertai dengan penilaian, sehingga siswa dapat dengan mandiri mengukur kemampuan pemahamannya. Apabila pemahamannya masih dibawah kriteria ketuntasan minimal maka siswa dapat memutar kembali animasi dari awal materi.

Baca juga:  Asyiknya Belajar dengan Smartphone

Media interaktif ini dibuat menggunakan macromedia flashplayer dengan tingkat kesulitan menengah. Materi yang disajikan juga berasal dari materi yang terjadi di kehidupan sehari-hari, masalah perekonomian yang melibatkan rumah tangga konsumen, rumah tangga produsen, rumah tangga pemerintah dan rumah tangga luar negeri. Cara penggunaan media interaktif ini juga mudah karena berbekal komputer ataupun smartphone, siswa sudah bisa mengoperasikannya.

Manfaat pembelajaran yang menggunakan media interaktif di SMP N 1 Kledung pada mata pelajaran IPS antar lain, (a) Membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran menjadi lebih terstruktur dan sistematis, logis dan jelas mulai dari konsep atau materi, contoh dan latihan-latihan. (b) Media ini dapat memberikan iklim afeksi secara individu kepada siswa. Media ini dirancang agar dapat digunakan secara individu ataupun kelompok. (c) Media ini bermanfaat untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam pembelajaran. (d) Media ini dapat memberikan umpan balik atau respon segera terhadap hasil belajar siswa. Proses pembelajaran IPS di SMP N 1 Kledung menggunakan media interaktif pelaku ekonomi dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa karena disajikan secara sistematis dan disertai dengan contoh yang kontekstual.

iklan
Baca juga:  Peningkatan Prestasi Siswa Materi Bangun Ruang Melalui STAD

Oleh : Hafid Iskandar, S.E.

Guru IPS SMP Negeri 1 Kledung Kabupaten Temanggung

iklan