Perbarindo Edukasi dan Literasi Keuangan Siswa SMA di Tegal

Serah Terima Mobil Edulite

- MOBIL EDULITE- (kanan-kiri) Muhammad Faried Wajdy selaku Plt. Asisten 2 Setda Kab. Tegal; Direktur IT, Konsumer dan Jaringan Bank Jateng, Dodit Wiweko Probojati; Ketua Perbarindo DPD Jateng, Dadi Sumarsana; dan Kepala OJK Tegal, Novianto Utomo; saat showing Mobil Edulite Bank SANI, Kamis (26/10/2023), di SMKN 2 Adiwerna, Kabupaten Tegal. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, TEGAL – Perbarindo DPD Jawa Tengah, Kamis (26/10/2023), menggelar edukasi dan literasi keuangan bagi puluhan siswa SMA/SMK di SMKN2 Adiwerna, Kabupaten Tegal. Langkah tersebut merupakan bagian dari program rutin untuk menjadikan generasi muda yang melek keuangan.

Ketua Perbarindo DPD Jawa Tengah, DadiĀ  Sumarsana mengatakan, acara ini adalah moment yang menggembirakan untuk Perbarindo DPD Jateng. Pasalnya, Perbarindo dapat secara langsung dapat memberikan sosialisasi, edukasi, dan literasi, di Bulan Inklusi Keuangan

“Ini merupakan kontribusi Perbarindo DPD Jateng bagi generasi muda agar paham keuangan,” kata Dadi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan acara serah terima secara simbolis mobil Edulite dari Bank Jateng kepada Perbarindo DPD Jateng. Hadir dalam kesempatan tersebut, Muhammad Faried Wajdy selaku Plt. Asisten 2 Setda Kab. Tegal; Novianto Utomo selaku Kepala OJK Tegal; dan Dodit Wiweko Probojati selaku Direktur IT, Konsumer dan Jaringan Bank Jateng.

iklan

Acara yang dihadiri oleh ratusan siswa-siswi se-kabupaten Tegal ini sukses terselenggara dengan baik dan mendapat banyak apresiasi positif dari tamu undangan, maupun siswa yang hadir untuk meramaikan acara edukasi dan literasi tersebut.

Baca juga:  Bank Jateng Raih Penghargaan di Prominent Awards 2024: Komitmen Kuat dalam Mendukung UMKM

Dadi menambahkan, mobil Edulite yang diterima Perbarindo DPD Jateng, setelah ini akan difungsikan dengan baik untuk dapat memberikan edukasi, dan literasi sebanyak mungkin kepada sekolah – sekolah dan masyarakat. Mobil akan beroperasi sampai ke pelosok daerah di 35 kabupaten kota se-Jawa Tengah.

“Terima kasih Bank Jateng yang telah mensupport pengadaan mobil Edulite untuk BPR-BPRS,” ujarnya.

Dadi pun berharap, agar seluruh anggota Perbarindo di Jawa Tengah segera memanfaatkan Mobil Edulite Bank SANI untuk sarana edukasi bagi masyarakat di lingkungan kerjanya, sekaligus untuk memastikan BPR menjadi bank pilihan masyarakat, termasuk anak-anak sekolah di Jawa Tengah,

– SERAH TERIMA- Direktur IT, Konsumer dan Jaringan Bank Jateng, Dodit Wiweko Probojati; secara simbolis menyerahkan Mobil Edulite kepada Ketua Perbarindo DPD Jateng, Dadi Sumarsana; Kamis (26/10/2023), di SMKN 2 Adiwerna, Kabupaten Tegal. FOTO : IST/ANING KARINDRA/JATENG POS

Dodit selaku Direktur IT, Konsumer dan Jaringan Bank Jateng menuturkan, bagi Bank Jateng, sinergitas Perbarindo DPD Jateng dengan Bank Jateng akan semakin maju karena adanya Edulite. Mobil Edulite akan memberikan banyak dampak positif, dan keuntungan bagi masyarakat.

Baca juga:  Hemat Biaya Operasional, Petani Wonogiri Manfaatkan Program Electrifying Agriculture

“Melalui Mobil Edulite, akan ada kemudahan akses produk, sehingga edukasi keuangan yang diberikan oleh BPR kepada masyarakat akan semakin merata. Dan keuntungan bagi Perbarindo juga akan mendorong BPR anggotanyaĀ  semakin menjangkau masyarakat luas,” tambahnya.

Sementara, Kepala OJK Tegal, Novianto Utomo mengapresiasi akan kegiatan Perbarindo DPD Jateng yang dipusatkan di wilayah Tegal ini. OJK juga siap mendukung kegiatan edukasi literasi ini agar tidak berhenti.

“Kegiatan edukasi dan literasi keuangan ini bisa dilanjutkan oleh BPR secara bersama maupun sendiri dengan menggunakann Mobil Edulite Bank Sani yang telah diinisiasi Perbarindo DPS Jateng. Kalau masih kurang, silahkan pinjam OJK. Ini program yang bagus,” tandasnya.

Perwakilan pemerintah kabupaten Tegal,

Muhammad Faried Wajdy selaku Plt. Asisten 2 Setda Kab. Tegal menambahkan, sosialisasi acara seperti ini sangat penting untuk generasi Z supaya mengerti akan pentingnya pengetahuan tentang ekonomi dan keuangan. Sesuai dengan berkembangnya teknologi dan maraknya penipuan, perjudian, dan pinjaman online, hadirnya Edukasi dari Perbarindo DPD Jateng ini memberikan dampak nyata dan sekaligus mengedukasi masyarakat agar tidak terjebak dalam pinjaman online, penipuan investasi dan sekaligus perjudian online.

Baca juga:  Transaksi Non Tunai Permudah Pedagang

“Selain itu, acara ini juga memberikan pelajaran bagi siswa-siswi yang hadir dalam kegiatan ini untuk belajar bijak dalam hal keuangan, serta teknologi untuk Indonesia semakin maju ke depannya,” tukasnya.

Besar harapan daripada kegiatan ini adalah terciptanya SDM muda yang semakin mengetahui pentingnya Edukasi, Literasi Keuangan yang berguna bagi individu masing-masing baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

“Juga atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih karena kegiatan ini juga dirangkai dengan kegiatan rekam KTP Elektronik bagi siswa siswi yang sudah 17 tahun, dengan bekerja sama bareng Dinas Dukcapil Kabupaten Tegal,” pungkasnya.(aln/bis)

iklan