Keberhasilan Pembangunan Daerah, Ada Sinergi DPRD dan Pemerintah Daerah

JADI PEMBICARA : Wakil Ketua DPRD Sukirman menjadi pembicara dalam FGD yang diselenggarakan Bappeda Jateng. (foto: sekretariat DPRD Jateng)

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Wakil Ketua DPRD Jateng H Sukirman, SS menekankan akan pentingnya sinergisitas antara eksekutif dan legislatif. Kedua Lembaga tersebut memiliki keterkaitan satu dengan yang lain dalam menyukseskan terselenggaranya Pembangunan daerah.

Hal tersebut ditekankannya saat menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Jateng, Selasa (19/3/2024). Forum tersebut menghadirkan seluruh jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) dalam Verifikasi Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Derah Tingkat Provinsi Tahun 2024 di Kantor Bappeda Jateng.

Sukirman menyatakan, keberhasilan sebuah Pembangunan daerah karena antara DPRD-sebagai Lembaga legislative dan pemerintah daerah (eksekutif) memiliki perspektif yang sama terutama mengenai visi dan misi dari pencapaian RPJMD.

iklan
Baca juga:  Hotel Indonesia Outlook 2021 Lalui Empat Fase Dengan 10 Strategi
H Sukirman SS Wakil ketua DPRD Jateng

“Kami yang duduk di legislatif memiliki fungsi pengawasan dan penganggaran dalam melihat konsep Pembangunan daerah memiliki kesamaan yang sama. Program-program pemerintah tentu kami bahas bersama termasuk dalam mengonsep alokasi anggaran. Dalam pembahasannya dengan kesamaan konsep kami menyetujui anggaran daerah berupa perda,” ucapnya.

Politikus asal PKB itu menyampaikan apresiasi terhadap Bappeda dikarena masuk dalam nominasi PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah). Keberhasilan tersebut tidak lepas dari komunikasi yang harmonis antarinstansi.

“Memang provinsi Jawa Tengah perlu diapresiasi atas keberhasilanya dalam pembangunan daerah sehingga dapat memasuki penghargaan pembangunan daerah tingkat provinsi, keterlibatan DPRD provinsi Jawa Tengah dalam hal pembangunan saling berkaitan dengan Bapedda,” ucapnya. (sgt/anf/adv)

Baca juga:  BI Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III Sebesar 5,05%
iklan