Wow! Survei Terbaru Elektabilitas Andika-Hendi Capai 64,8 Persen

SOLID MENANG: Pasangan calon gubernur-wakil Gubernur Jateng Andika Perkasa-Hendi menghadiri Rakecabsus Rakercabsus DPC PDI Perjuangan Kabupaten Semarang dan Kota Salatiga, di Kampoeng Kopi Banaran, Bawen, Jumat (6/9/2024). FOTO: MUIZ/JATENGPOS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG– Hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) mencatat elektabilitas pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng) Andika Perkasa- Hendrar Prihadi alias Hendi menduduki peringkat teratas.

Secara top of mind, elektabilitas Andika-Hendi tercatat 53,7 persen, jauh mengungguli kompetitornya, pasangan Achmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen yang di angka 30,9 persen.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis menyebut angka itu diperoleh ketika 1.100 responden disodori pertanyaan spontanitas soal siapa kandidat yang dipilih di Pilgub Jateng. Sementara, 15,4 persen belum menjawab.

Bahkan, dalam simulasi tertutup menggunakan kuesioner yang berisi nama dan gambar paslon, elektabilitas Andika-Hendi makin moncer di angka 64,8 persen.

iklan

“Sementara tingkat elektabilitas Achmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen hanya di angka 31,4 persen, dan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen,” ujarnya melalui siaran pers hasil survei dikutip Jateng Pos, Sabtu (7/9/2024).

Baca juga:  Umar Wahid Tegaskan Unsur Hijau dan Merah Melebur Menangkan Andika-Hendi

Melihat tingkat elektabilitas tersebut, pasangan Andika-Hendi dinilai berpotensi menang di Pilkada Jateng 2024.

Survei tersebut dilakukan LKPI pada 27 Agustus sampai dengan 3 September 2024. Survei dengan metode tatap muka Simple Random Sampling dengan Margin of Error Survei sekitar 2,95 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden Survei sebanyak 1.100 warga Jateng dengan kriteria usia 17 tahun ke atas atau sudah menikah yang tersebar di 29 kabupaten dan 6 kota.

Dijelaskan Togu Lubis simulasi tertutup dengan mengunakan kuosioner dengan nama dan gambar paslon yang disodorkan kepada 1100 responden, tingkat Elektabilitas Andika Perkasa- Hendrar Prihadi makin meningkat di angka 64,8 persen.

Sementara itu tingkat elektabilitas Achmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen pada simulasi tertutup berada diangka 31,4 persen dan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen.

Baca juga:  Relawan Tekadh Membara, Siap Menangkan Andika - Hendi

Dari hasil survei ,Togu Lubis juga memaparkan bahwa sebanyak 74,3 persen Pemilih telah menentukan pilihannya. Sebanyak 19,1 persen pemilih akan menentukan pilihan pada hari pemilihan dan sebanyak 6,6 tidak menjawab.

“Begitu dengan tingkat kemantapan pilihan menurut Togu Lubis hasil Survei menunjukan juga sebanyak 19,1 persen Publik mengaku masih mungkin mengubah pilihan, dan sebanyak 71,7 persen mengaku tidak akan berubah pilihan alias sudah mantap pada pilihannya dan 9,2 persen menjawab tidak tahu,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, paslon dari PDIP Jateng, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi atau Hendi menjadi paslon yang pertama mendaftarkan diri dalam Pilgub Jateng ke KPU, Selasa (27/8/2024). Rombongan Andika-Hendi tiba di Kantor KPU Jateng sekira pukul 13.45 Wib dibarengi 2 ribu simpatisan dan pendukungnya.

Baca juga:  Mahasiswa Komunikasi Unissula Ikut Sukseskan KTT G20 di Bali

Sedangkan paslon Ahmad Luthfi dan Tak Yasin Maimoen atau Gus Yasin mendaftar Pilgub Jateng 2024 ke KPU Jateng pada Rabu (28/8/2024) pagi. Rombongan Luthfi dan Yasin berangkat dari posko mereka di Kampung Kali Semarang menggunakan mobil jip terbuka dan juga iring-iringan mobil VW serta kendaraan lain termasuk truk trailer dengan sound system di belakangnya. (muz)

iklan