Belajar VR Guru Se Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Tugu Kota Semarang

Jatengpos.Co.Id-Gugus Ki Hajar Dewantara kecamatan Tugu mengadakan kegiatan workshop penguatan literasi kepala sekolah dan guru se gugus Ki Hajar Dewantara, Kamis (12/9). Kegiatan dengan tajuk Peningkatan Literasi Teknologi Guru Guru SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kota Semarang melalui Pelatihan Penerapan Virtual Reality (VR) Berbasis Android di Kelas ini dilaksanakan di SD Negeri Tugurejo 01 kecamatan Tugu Kota Semarang.

Kegiatan gugus Ki Hajar Dewantara ini rutin diadakan dengan tujuan agar guru guru memiliki kemampuan yang mumpuni dalam tugasnya sebagai guru. Selain itu, kegiatan gugus dengan basis kelompok belajar atau komunitas belajar yang sering disebut Kombel ini juga memiliki manfaat yang sangat efektif untuk peningkatan kompetensi guru.

Koordinator Satuan Pendidikan Kecamatan Tugu, Jumari, S.Pd.I.,S.Pd., dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa guru adalah unsur utama pendidikan, semaju apapun teknologi guru harus bisa menggunakan teknologi sebagai media dan sarana untuk memudahkan proses pembelajaran kepada murid menjadi semakin bermakna.

iklan
Baca juga:  SMP Negeri 40 Semarang Menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

Kegiatan ini bekerjasama dengan dosen dosen PGSD Universitas Negeri Semarang, Novi Setyasto, S.Pd., M.Pd., Dr. Putri Yanuarita Sutikno, S.Pd., M.Sn., Susilo Tri Widodo, S.Pd., M.Pd., dan Abtadi Tris Hamdani, S.Pd., M.P.

Dalam penyampaian materi, salah satu narasumber Novi Setyasto mengatakan, bahwa peran teknologi saat ini sangat besar sekali pengaruhnya dalam dunia pendidikan. Dengan adanya VR (Virtual Reality), sangat bisa membantu guru mengenalkan dunia nyata kepada murid dan juga murid memiliki gambaran jelas terkait materi yang disampaikan.

Lebih lanjut Novi Setyasto mengatakan bahwa VR bisa menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan dan interaktif. Selain karena konsep sudah kekinian, siswa juga bisa berinteraksi dengan dunia lingkungan virtual, hal tersebut sungguh sangat menyenangkan. Walaupun membutuhkan alat, tetapi harga masih sangat terjangkau.

Baca juga:  Semarak P5 di SD Negeri Bojong Salaman 01

Ketua Gugus Ki Hajar Dewantara, Dra. Suyatmi menyampaikan, kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat mendukung agar sering dilakukan dan dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru dan juga hasil serta semangat belajar murid. Selain itu, beliau menambahkan siap bekerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk kemajuan pendidikan bagi guru dan murid.

Nur Rakhmat sebagai salah satu peserta dari unsur kepala sekolah juga sangat senang dengan adanya kegiatan yang bekerjasama dengan PGSD Universitas Negeri Semarang. Selain sebagai bentuk implementasi keterampilan berkembangnya zaman bagi guru dan murid, adanya pelatihan juga bisa memberikan gambaran baru bagi guru untuk bisa selalu mengembangkan potensi sebagai bekal untuk murid di sekolah.

Baca juga:  P5 SD Negeri Kalipancur 01 Semarang Siapkan Bibit Unggul Pondasi Bangsa

Novitri dari SD Negeri Karanganyar 02 menambahkan bahwa kegiatan ini sangat asyik dan menarik karena mengenalkan teknologi kepada guru. Bagi guru saja asyik dan menyenangkan apalagi bagi murid, tentu akan lebih menyenangkan. Terbukti saat bapak ibu guru mencoba alat yang digunakan untuk VR semua terlihat senang dan aktif serta saling reflektif konstruktif sehingga menambah semangat narasumber dan panitia serta tentunya guru guru yang lain serta murid. Terlebih di sesi akhir, narasumber dan juga tim PGSD Unnes membagikan kacamata VR sebagai salah satu bentuk pemantik kepada guru untuk lebih mengerti literasi digital yang semakin berkembang dengan pesat.

iklan