Pilkada Sragen Bowo-Wardi 1, Sigit-Suroto 2

NOMOR URUT: Kedua Paslon saat penetapan undian nomor urut oleh KPU Sragen. Foto: ARI SUSANTO / JATENG POS

JATENGPOS. CO. ID, SRAGEN – Agenda pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati (Cabup-Cawabup) Sragen 2024 digelar di Gedung Kartini Sragen, Senin (23/9/2024).

Pasangan calon (paslon) Untung Wibowo Sukawati-Suwardi mendapat nomor urut 1, dan Sigit Pamungkas-Suroto mendapat nomor urut 2.

Pengundian nomor urut dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar KPU Sragen. Kedua paslon yang didampingi petinggi partai pengusung turut hadir. Tidak hanya itu, ribuan massa pendukung kedua paslon juga hadir.

“Hari ini pengundian nomor urut pasangan calon sudah digelar dan hasilnya sebagaimana kami tuangkan dalam keputusan KPU Kabupaten Sragen yaitu pasangan calon Bowo-Suwardi mendapatkan nomor urut 1. Kemudian yang mendapatkan nomor urut 2,adalah pasangan calon Sigit-Suroto,” ujar Ketua KPU Sragen, Prihantoro usai acara pengundian nomor urut calon.

iklan
Baca juga:  Terdampak Longsor Sragen, 60 Warga Jetis Mengungsi

Tak hanya penetapan dan pengundian nomor urut bagi paslon, acara juga diisi dengan ikrar kampanye damai. Deklarasi damai dilakukan karena sebentar lagi sudah memasuki masa kampanye, tepatnya pada 25 September 2024.

“Kampanye akan berlangsung dua bulan atau 60 hari. Dari tanggal 25 September sampai 23 November (2024),” jelas Prihantoro.

Calon Bupati nomor urut 1, Untung Wibowo Sukawati atau Bowo bersyukur pengundian nomor urut berjalan lancar.

“Alhamdulillah pengundiannya lancar, kami komitmen menjaga kondusivitas, tetap guyub rukun. Saya sudah pengalaman di legislatif puluhan tahun dan Pak Suwardi berpengalaman di birokrasi 41 tahun, kita noto kutho bangun desa. Tidak hanya infrastruktur fisik, tapi juga infrastruktur kesehatan dan pendidikan,” ujarnya.

Baca juga:  Kapolda Jateng: Model Penanganan Covid-19 di Kudus Bakal Diterapkan di Lain Daerah

Paslon Bowo-Suwardi maju Pilkada Sragen diusung empat parpol yakni PDIP, Gerindra, Demokrat, Nasdem. Sementara pasangan Sigit-Suroto diusung koalisi Partai Golkar, PKB, PKS, PAN, dan 10 parpol nonparlemen.

Sementara, Cabup Sigit Pamungkas juga mengaku senang mendapat nomor urut 2. Ini merupakan takdir nomor kemenangan.

“Nomor urut dua ini kami persembahkan untuk warga Sragen. Ini adalah kemenangan rakyat, kemenangan warga Sragen. Kami berjanji akan mengikhtiarkan untuk kemenangan bersama-sama, Sragen lebih hebat,” tegas Sigit.

Sementara itu, Kapolres Sragen, AKBP Petrus P Silalahi mengatakan terhitung mulai hari ini setiap pasangan calon akan mendapatkan pengawalan dan pengamanan dari Polres Sragen.

“Hari ini juga akan kami serahkan personil pengamanan. Setiap paslon akan mendapatkan masing-masing 12 personil, dimana 6 personil untuk cabup dan 6 personil untuk cawabup. Mereka akan bertugas menempel calon sampai penetapan pemenang pilkada,” tandas kapolres. (ars/jan)

Baca juga:  Didukung NU Karanganyar dan PKB, Sulaiman Rasjid Daftar Cawabup di PDIP
iklan