Setwan Jateng Buka Akses Seluasnya untuk Sekolah Legislator Mahasiswa

PENYAMPAIKAN MATERI: Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Jateng Andi Susmono mengisi acara Sekolah Legislatif dari Unnes. FOTO:SETWAN DPRD JATENG

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG– Kepala Bagian Humas Sekretariat DPRD (Setwan) Jawa Tengah (Jateng) Andi Susmono menegaskan diadakan Sekolah Legislatif ini sangat bermanfaat untuk para mahasiswa belajar tentang legislatif di DPRD Jateng.

Pada kesempatan itu Muhammad Ihsan Abimanyu selaku Ketua Pelaksana Sekolah Legislatif dalam laporannya mengatakan jumlah peserta ada 70 orang dari lintas fakultas.

Hal itu ia sampaikan di depan mahasiswa yang ikut Sekolah Legislatif Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (DPMKM) Unnes di Ruang Badan Anggaran Lt IV Gedung Berlian DPRD Jateng, Rabu (24/10/2025).

Secara panjang lebar Andi menjelaskan, Sekolah Legislatif dapat mendorong mahasiswa bisa berkiprah dalam berpolitik.

iklan

“Sekolah Legislatif yang diadakan oleh Unnes ini menurut kami sangat bagus sekali, karena dapat menjadi landasan dasar untuk belajar mengenal maupun tahu tentang masalah legislatif,” ujar Andi.

Baca juga:  Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kamijoro

Andi juga menjelaskan bagaimana mekanisme penunjukan dan pelantikan pimpinan dan anggota dalam struktur DPRD, agar nanti dapat menjadi referensi bagi sekolah legistor dalam melakukan pelantikan para anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa di Kampus.

“Ada beberapa mekanisme yang dilalui dalam penunjukan pimpinan dalam DPRD, berawal dari usulan masing-masing petinggi partai politik yang diajukan ke Kemendagri dan selanjutnya setelah disetujui baru dilakukan pelantikan oleh Kejaksaan Tinggi,” tutur Andi.

Ia juga berharap, nantinya untuk sistem penunjukan dan pelantikan yang telah dijelaskan dapat menginspirasi DPMKM ( Dewan Perwakilan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa ) dalam melakukan pelantikan Pimpinan Dewan Perwakilan Mahasiswa di kampus.

Andi berpesan pada para Siswa Sekolah Legislator Unnes agar terus fokus belajar dan aktif dalam organisasi untuk mengembangkan potensi dan wawasan sebagai generasi penerus bangsa agar nantinya menjadi generasi penerus yang cerdas dan memiliki integritas yang baik dalam meneruskan estafet kenegaraan. (ril/muz)

Baca juga:  Pembangunan Desa Harus jadi Prioritas Utama
iklan