Gus Yasin Borong Habis Dagangan Puluhan Pengasong Simpang Lima  

Gus Yasin membelikan es lilin peserta jalan sehat di Simpanglima Semarang. Foto:ist/jatengpos

JATENGPOS. CO. ID,  SEMARANG- Kebiasaan mulia lagi-lagi ditunjukkan Gus Yasin, Calon Wakil Gubernur Jateng. Saat bertemu dengan peserta jalan sehat Hari Santri Nasional 2024 di Simpanglima Semarang, Minggu 27 Oktober 2024, Gus Yasin memborong jajanan pedagang asongan.

Selama perjalanan rute jalan sehat, Gus Yasin sesekali belok ke pinggir jalan. Menghampiri penjual makanan atau minuman untuk diborong jualanya.

Saat berjalan di seputaran Simpanglima (depan Matahari), Gus Yasin memborong Es Hawa. Penjualnya disuruh memberikan es lilin kepada siapa saja yang mengambilnya.

“Monggo-monggo es lilin gratis dari Gus Yasin,” kata penjualnya.

iklan

Dalam sekejab, peserta jalan sehat menyerbu penjual es lilin tersebut. Pada rebutan. Gus Yasin membantu melayani disamping penjual.

Baca juga:  Optimalkan Skill Calon Konselor, Prodi BKPI UIN Salatiga Lakukan Camp Counseling

Setelah itu, Gus Yasin berjalan lagi bersama ribuan peserta. Sampailah di Jl Ahmad Yani 400 meter sebelum Simpanglima. Di sinilah Gus Yasin “panen” pedagang asongan. Tahu ada Gus Yasin yang suka mborong jualan, para pedagang asongan mendekat Gus Yasin.

Ada asongan es teh, asongan air mineral, jajanan gorengan dan lainya. Semua menawarkan dagangannya kepada pejalan sehat yang lewat.

“Guuuss larisi Guuss..,” kata para penjual.

Tanpa lama Gus Yasin langsung meminta pengasong membagi jaulanya kepada peserta jalan sehat. Ribuan orang yang lewat berebut jajanan dan minuman gratis.

“Silahkan ambil Pak, Buk, es teh dari Gus Yasin,”kata penjual lainya.

Dari awal perjalanan hingga lokasi jalan sehat, ada 10 lebih pedagang asongan yang diborong Gus Yasin. Ada yang diborong total Rp 100 ribu, Rp 150 ribu, hingga Rp 200 ribu.

Baca juga:  Tarif Pemeriksaan GeNose C19 Alami Penyesuaian, KAI Daop 2 Tambah Layanan di Stasiun Kiaracondong

Dapat pembeli seperti Gus Yasin, para pedagang asongan girang bukan kepalang. Dagangan satu bakul yang biasanya habis setengah hari, bisa habis dalam sekejab. Laris manis diborong Gus Yasin untuk dibagi lagi ke orang lain.

“Matur nuwun Gus Yasin, dagangan saya dilarisi, sekarang habis tinggal pulang,” kata Kirman, pedagang dari Tlogosari Semarang.

Begitupun yang disampaikan Pak Malik, asongan dari Demak. Dia matur nuwun banged kepada kebaikan Gus Yasin yang mborong cilok jualanya.

“Baru kali ini saya nemui orang sebaik Gus Yasin, kulo dungaaken semoga hajatipun diqobul Gusti Alloh,” do’anya.

Asal tahu, Gus Yasin maju calon wakil gubernur Jawa Tengah berpasangan dengan Cagub Ahmad Luthfi. Keduanya mendapat nomor urut 2. Paslon Luthfi-Yasin ini didukung 16 parpol koalisi besar. Dari sejumlah survei mendapat suara paling unggul dibanding lainya.

Baca juga:  Tiap Hari, Masjid Sheikh Zayed Solo Siapkan 10 ribu Nasi Berbuka 

Gus Yasin mengaku aksi borong dagangan itu bukan hal baru. Di setiap kesempatan turun ke masyarakat, berusaha membeli dagangan pengasong. Barang yang dibeli dibagi lagi pada orang yang membutuhkan. “Siapa lagi yang nglarisi kalau bukan kita,” jelasnya. (*/jan)

iklan