SMC RS Telogorejo Gelar Seminar Infertilitas, Edukasi Pasutri Capai Kehamilan

DISKUSI :  dr R Arie Sutanto SpOG Subsp FER tengah memberikan materi diskusi kepada pasutri di Hotel REZ Semarang. FOTO : DWI SAMBODO/JATENG POS

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – SMC RS Telogorejo menggelar forum diskusi yang menghadirkan sejumlah ahli obstetri ginekologi. Dalam seminar tersebut membahas tema infertilitas, di Hotel REZ Semarang, Minggu (27/10).

Kehadiran para dokter spesialis dari SMC RS Telogorejo tersebut, guna memberikan edukasi tentang definisi infertilitas, faktor yang memengaruhi hingga solusinya.

Salah satu pemateri yakni dr R Arie Sutanto SpOG Subsp FER menjelaskan infertilitas terjadi tidak hanya faktor dari perempuan semata.

“Faktor dari laki-laki juga banyak sebetulnya, semisal gangguan sperma,” tuturnya.

iklan

Lanjut dr Arie, adapun faktor dari perempuan adanya gangguan organ-organ atau reproduksi. Sebagai contoh gangguan pada saluran maupun rahim.

“Hal yang demikian ini penyebebab yang paling sering, termasuk faktor umur hinhga obesitas,” imbuhnya.

Baca juga:  Masuki Fase New Normal, Ingat Pentingnya Asupan Vitamin E

Dijelaskan, pasangan yang kesulitan hamil cenderung makin banyak. Salah satu faktornya adalah gaya hidup.

“Sehingga di tempat kami (SMC RS Telogorejo) mempunyai pelayanan di bidang infertilitas. Kami ingin memberikan opsi kepada mereka yang punya gangguan kesuburan,” jelasnya.

Dari problem tersebut, ada opsi yang bisa dilakukan pasutri yakni program inseminasi hingga program bayi tabung. Untuk program bayi tabung memiliki tingkat keberhasilan sekitar 30-40 persen.

“Faktor yang memengaruhi keberhasilan ini juga beragam. Salah satunya soal usia. Makin tinggi usia maka makin menurun pula tingkat keberhasilannya,” terangnya.

Adapun acara yang dipandu atau dimoderatori oleh dr Eddy Wibowo SpOG (Spesialis Obstetri Ginekologi) ini juga menghadirkan beberapa narasumber lain.

Baca juga:  PUSPO WARDOYO: Poligami Tidak Perlu Ijin, Tetapi Minta Maaf

Dokter spesialis andrologi dr Andrian SpAnd mengangkat topik tentang Mewujudkan Buah Hati Idaman.

Lalu, dr Dinda Aniela Bintoro SpAK (Spesialis Akupuntur) menyampaikan materi tentang Pengaruh Akupunktur dalam Menjalani Program Kehamilan.

Kemudian Dr dr Vannya Dewi Puspitasari SpOG Subsp FER  (Spesialis Obstetri Ginekologi, Konsultan Fertilitas Endokrinologi  Reproduksi) lebih membahas tentang PCOS pada perempuan. (ucl/rit)

iklan