Rakha Aryaputra, Jago Matematika yang Lolos Seleksi IMSO di China

Moch Rakha Aryaputra.

JATENGPOS.CO.ID, SEMARANG – Moch Rakha Aryaputra, siswa SD Negeri Pedurungan Tengah 02 ini luar biasa. Dia satu satunya siswa dari kota Semarang yang lolos mengikuti seleksi International Mathematics and Science Olympiad (IMSO), 28 Sepetember- 4 Oktober 2018 di Zhejiang, China.

Siswa yang biasa dipanggil Arya ini memang suka matematika sejak blita. Orang tuanya, Moch Zaenuji dan Liliyana Wijaya menangkap bakat putra pertamanya itu. Usia TK, Arya sudah mulai mengikuti kejuaraan matematika dan berhasil menjadi pemenang.

Bakat matematika Arya terus diasah di sekolah dasar. Berbagai macam lomba Matematika tak luput dia ikuti mulai dari tingkat kota sampai tingkat Internasional.

“Matematika itu mengasyikkan”.  Itu yang terpatri dalam diri Arya. Arya selalu enjoy dan semangat mengikuti berbagai lomba.

iklan
Baca juga:  Hastag #2019gantipresiden Hak Warga Negara

Akhir Februari 2018, Arya mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika mulai tingkat kecamatan. Lolos kecamatan, Arya maju ke tingkat Kota Semarang. Di tingkat Kota, Arya berjuang keras dan berhasil maju ke tingkat Provinsi. Dengan izin Allah SWT, Arya berhasil mewakili  provinsi Jawa Tengah dalam Ajang OSN 2018 di Padang, Sumatera Barat.

Sebelum berlaga ditingkat Nasional, Arya mengikuti training centre yang diselenggarakan dinas pendidikan provinsi Jawa Tengah 22-25 Juni 2018 di hotel Patra Jasa Semarang.  Bersama kontingen Jawa Tengah lain ( 5 matematika dan 5 IPA).

Asih Luwarsih selaku guru kelas Arya, terpilih juga menjadi pendamping OSN oleh dinas pendidikan provinsi Jawa Tengah.  Sehingga bisa terus mendampingi Arya melewati proses demi proses kegiatan.

Baca juga:  Sinergi Polri-PSHT Cabang Sragen Pusat Madiun Jaga Pengesahan Warga Baru untuk Pilkada Damai

Tanggal 1 – 7 Juli 2018 tim Jawa Tengah berlaga di Padang bersama 34 provinsi lain. Setelah melalui seleksi teory dan praktik tibalah pengumuman hasil OSN. Alhamdulillah, tim OSN SD Provinsi Jawa Tengah menjadi juara umum dengan memborong 4 medali emas, 3 medali perak dan 2 perunggu. Arya berhasil membawa pulang Medali perak.

Dengan bekal medali perak, Arya berkesempatan mengikuti seleksi International Mathematics and Science Olympiad ( IMSO ) pada tanggal 28 Sepetember s.d 4 Oktober 2018 di Zhejiang, China.

Seleksi TIMNAS IMSO terdapat 2 tahap dimana dari total peserta 30 siswa pemenang OSN 2018 akan di ambil 12 Siswa terbaik. Seleksi dilaksanakan di Hotel Soll Marina Serpong Tangerang, Banten.

Tahapan seleksi ini sangat berat. Selain memang 30 siswa sudah pasti jago matematika, mereka juga dinilai secara sikap (attitude).  Sebab sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa saatnya kita mendidik anak yang cerdas berkarakter.

Baca juga:  Ini Wakil Rakyat Terkaya di Sukoharjo, Hartanya Sampai Segini

Seleksi tahap 1 dimulai tanggal  27 Juli s.d 4 Agustus 2018. Kemudian dilanjutkan seleksi tahap 2 tanggal 13-19 Agustus 2018.

Sampai akhirnya pada tanggal 24 Agustus 2018 diumumkanlah 12 nama peserta TIMNAS yang akan mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi bidang Matematika..

Moch Rakha Aryaputra, adalah satu-satunya kontingen Indonesia yang berasal dari Kota Semarang. Sedangkan untuk Jawa Tengah ada 4 Siswa terbaik yang merupakan kontingen terbanyak untuk TIMNAS Indonesia.

Kini perjuangan akan dimulai. Mari bersama kita doakan perjuangan anak- anak bangsa di kancah Internasional. Semoga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai target. Amin. YRA. (*/gus)

iklan