JATENGPOS.CO.ID, –Sesuai silabus Kurikulum 13 mata pelajaran Bahasa Inggris tingkat SMP terdapat 5 (lima) long functional text / jenis teks fungsional panjang yang harus diajarkan Guru dan dikuasai oleh siswa. Kelima jenis teks tersebut adalah Descriptive, Recount, Report, Narrative dan Procedure. Pada siswa kelas VII jenis teks fungsional panjang yang harus dikuasai siswa adalah teks Descriptive. Dalam materi ini Guru memberikan teks descriptive berupa gambaran khusus mengenai seseorang, suatu benda, atau suatu tempat. Guru memberikan teks dalam bentuk lembar foto copian/ slide Power point di LCD. Kemudian Guru membacakan teks tersebut dan siswa disuruh menirukan bacaan yang diucapkan oleh Guru tersebut. Selanjutnya secara bergiliran siswa membaca teks descriptive tersebut dan menterjemahkan bersama- sama sehingga semua siswa memahami isi bacaaan tersebut.
Bagi siswa yang menyukai pelajaran Bahasa Inggris kegiatan tersebut memang menyenangkan karena mereka mendapat pengetahuan baru tentang cara memahami gambaran/ deskripsi tentang seseorang, suatu benda, atau suatu tempat secara detail. Sebaliknya bagi siswa yang kurang menyenangi pelajaran Bahasa Inggris hal tersebut merupakan kegiatan yang membosankan karena mereka harus membayangkan seseorang, suatu benda, suatu tempat tanpa melihat objeknya secara langsung.
Dari fenomena tersebut penulis kemudian mencoba mencari solusi/ trik yang bagus untuk mengajarkan teks Descriptive kepada siswa kelas VII agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik dan para siswa dapat memahami teks descriptive dengan lebih baik sehingga nilai tes mereka pada Kompetensi Dasar ini menjadi meningkat. Penulis mencoba menggunakan media REALIA, yaitu dengan membawa/ menghadirkan benda nyata di depan para siswa sehingga mereka akan dengan mudah memahami teks Decriptive tersebut.
Pada awalnya Guru dan siswa memang agak repot harus membawa benda nyata ke dalam kelas, tetapi kemudian mereka merasa senang dan menikmati kegiatan belajar mengajar ini sehingga pemahaman mereka tentang teks Descriptive semakin meningkat dan nilai pada Kompetensi Dasar ini juga meningkat.
Media realia adalah semua media nyata didalam ruang kelas, tetapi dapat digunakan sebagai sesuatu kegiatan observasi pada lingkungannya (Rusman, 2005: 2). Menurut Udin S.W (Patty, 2007 :22), media realia adalah alat bantu visual dalam pembelajaran yang berfungsi memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik. Media ini merupakan objek nyata suatu benda. Seperti mata uang, tumbuhan, hewan, bebatuan, air, tanah, benda-benda dan lain sebagainya.
Keunggulan Media Realia
Menurut Pujita (2006:18), media realia mempunyai keunggulan
yaitu:
- Mudah didapat, pada umumnya media realia dapat ditemui kerena
merupakan benda nyata yang ada disekitar lingkungan. - Memberikan informasi yang jelas dan akurat, mengingat benda
realia merupakan benda yang nyata, maka penjelasan atau
informasi yang berkaitan benda tersebut menjadi jelas dan lebih akurat
Ibrahim dan Syaodin (2003:119) menyebutkan bahwa keunggulan dalam penggunaan media realia yaitu:
- Dapat memberikan kesempatan semaksimal mungkin pada anak
untuk mempelajari sesuatu ataupu melasanakan tugas-tugas dalam situasi nyata. - Memberikan kesempatan kepada anak untuk mengalami sendiri
situasi yang sesungguhnya. - Melatih keterampilan anak dengan menggunakan sebanyak alat
Dengan beberapa alasan di atas maka sangat tepat jika pembelajaran Bahasa Inggris pada Kompetensi Dasar penguasaan teks descriptive menggunakan media realia.
Nanik Maryanti, S.Pd
Guru SMP Negeri 4 Jatisrono, Wonogiri