GI Tingkatkan Kebersamaan dan Kemandirian Siswa

Heriyanto, S.Pd Guru SDN 06 Gombong
Heriyanto, S.Pd Guru SDN 06 Gombong

Ilmu pengetahuan sosial, yang sering disingkat dengaan IPS, adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai disiplin ilmu social dan humaniora serta kegiatan dasar manusia  yang dikemas secara ilmiah dalam rangka memberi wawasan dan pemahaman yang mendalam kepada peserta didik. Salah satu metode dalam IPS yaitu dengan menggunakan metode GI (Group Investigasi) karena metode ini dinilai lebih sesuai diterapkan pada IPS untuk siswa  SD .

            GI (Grup Investigasi) merupakan salah satu tipe dalam pembelajaran kooperatif. Tipe GI sering dipandang sebagai tipe yang kompleks dan paling sulit untuk dilaksanakan dalam pembelajaran kooperatif. Tipe GI melibatkan siswa sejak perencanaan,baik dalam menentukan topik maupu cara mempelajarinya melalui investigasi.

            Kelebihan didalam GI adalah 1.Tidak terlalu menggantungkan pada guru, akan tetapi dapat menambah kepercayaan kemampuan berfikir sendiri, menemukan informasi dan berbagai sumber dan belajar dari siswa lain 2. Dapat mengembangkan kemampuan mengungkapkan ide dan gagasan dengan kata-kata secara verbal dan membandingkan dengan ide-ide orang lain 3. Dapat membantu siswa untuk respek pada orang lain dan menyadari akan segala keterbatasan serta menerima segala perbedaan 4. Membantu memberdayakan setiap siswa untuk lebih bertanggung jawab dan belajar 5. Dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan informasi dan kemampuan belajar abstrak menjadi nyata (riil).

Baca juga:  Daur Ulang Limbah Ciptakan Wirausaha Siswa

Kelemahan metode GI, 1.Penilaian yang diberikan didasarkan kepada hasil kelompok, namun demikian guru perlu menyadari bahwa sebenarnya hasil atau prestasi yang diharapkan adalah prestasi individu siswa.


Adapun  langkah-langkah metode GI adalah sebagai berikut 1.Seleksi Topik, Para siswa memilih berbagai sub topik dalam suatu wilayah masalah umum yang biasanya digambarkan terlebih dahulu oleh guru, 2.Para siswa Selanjutnya diorganisasikan menjadi kelompok-kelompok yang berorientasi pada tugas yang beranggotakan 4 hingga 5 orang,  3.Merencanakan kerja sama para siswa dan guru merencanakan berbagai prosedur belajar khusus , tugas dan tujuan umum  yang konsisten dengan berbagai topik  dan sub topik yang telah dipilih pada langkah diatas, 4. Implementasi Para siswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan dalam langkah 3, 4. 5.Analisis dan sintesis Para siswa menganalisis dan mensintesiskan berbagai informasi yang diperoleh pada langkah 3 dan merencanakan agar dapat di ringkaskan dalam suatu penyajian yang menarik di depan kelas, 6. Penyajian hasil akhir Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari berbagai topik yang telah dipelajari  agar semua siswa dalam kelas saling terlibat dan mencapai suatu perspektif yang luas mengenai topik tersebut. Presentasi kelompok dikoordinasikan oleh guru, 7.Evaluasi Selanjutnya guru bersama siswa melakukan evaluasi mengenai kontribusi tiap kelompok terhadap pekerjaan kelas sebagai suatu keseluruhan. Evaluasi dapat mencakup tiap siswa secara individual atau kelompok, atau keduanya. Dengan penerapan metode GI (Grup investigasi) ini dalam pembelajran IPS diharapkan mampu memberikan pembelajaran kepada siswa bagaimana dapat sukses belajar bersama orang lain dan meingkatkan kebersamaan serta kemandirian siswa sekaligus untuk lebih mudah meraih prestasi bagi siswa.

Baca juga:  Metode Picture And Picture Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa

Heriyanto, S.Pd

Guru SDN 06 Gombong