Di awal tahun Pelajaran sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar SMAN 1 Cawas melaksanakan kegiatan IHT(In House Traing) yang salah satu kegiatan didalamnya menyelesaikan administrasi perangkat pembelajaran, walaupun RPP sudah dibuat dan program semester sudah direncanakan karena keterbatasan waktu dalam pembelajaran Matematika ada materi yang belum tersampaikan secara tuntas terutama pada latihan-latihan soalnya, permasalahan tersebut menjadikan siswa ketika mendekati ujian merasa belum siap karena materi pelajaran Matematika belum dikuasainya, sehingga guru harus bisa menyeimbangkan antara teori dan praktek latihan soal agar siswa mudah memahaminya, seperti sebuah ungkapan “practice makes perfect”, dengan senantiasa mengiringi materi pelajaran dengan praktek aplikatif maka siswa akan lebih mudah mahamami, untuk mengatisipasi hal tersebut guru harus mengambil strategi yang tepat agar materi pelajaran Matematika mudah dipahami siswa dan prestasi belajarnya juga meningkat.
Untuk mencapai tujuan tersebut guru bisa menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik yaitu pembelajaran online menggunakan Edmodo, dengan Edmodo membantu guru untuk memberikan materi pembelajaran secara online dengan meng-upload materi belajar. Guru bisa memberikan tugas dan latihan soal-soal yang bisa ditentukan waktu pengumpulannya berikut menilainya, Edmodo juga dapat dioperasikan di smartphone, yaitu dengan menggunakan web atau membuka langsung di www.edmodo.com, menggunakan Edmodo interaksi dan komunikasi di kelas berjalan lancar, guru menjadi lebih mudah memberikan materi pada siswa, pengarsipan berbagai dokumen yang diperlukan untuk mengajar pun lebih terorganisir, guru juga lebih mudah untuk memantau perkembangan tiap siswa.
Sementara Siswa jadi lebih memahami pelajaran terutama Matematika dengan adanya tambahan-tambahan ilustrasi dari file atau link yang diberikan guru sehingga siswa lebih termotivasi karena belajar tidak monoton duduk di kelas dan mendengarkan guru menjelaskan saja.
Pembelajaran dengan Edmodo mempunyai kelebihan diantaranya: 1) dengan Edmodo siswa dapat melihat langsung hasil ulangan atau kuis yang diberikan guru, sehingga siswa tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengetahui hasil yang telah mereka kerjakan. 2) Guru dan siswa dapat berbagi konten dan bahan materi pelajaran 3) Dapat melakukan latihan soal secara online apabila guru tidak dapat hadir di kelas. 4) Edmodo memiliki interface dan penataan tools dan content mirip dengan Facebook yang dapat memudahkan pengguna untuk mengooperasikannya, karena sebagian besar orang sudah mengunakan Facebook. 5) Guru dapat mengirim pesan untuk siswa dengan cara memposting ke grup maupun mengirim pesan langsung kepada siswa yang bersangkutan (direct message). 6) Guru dapat mengirim tugas kelas, mendorong diskusi dan melacak kemajuan secara online. 7) Edmodo setiap waktu mengalami perubahan baik fitur atau layanan yang membuat penggunanya lebih asyik dan semangat.
Penggunaan Edmodo dalam pembelajaran Matematika juga mempunyai tujuan antara lain: 1) Mengalihkan kebiasaan bermain game terhadap kegiatan yang mengandung unsur pendidikan. 2)Mengubah budaya belajar siswa yang pasif kepada budaya belajar aktif, sehingga terbentuk budaya belajar mandiri. 3) Memperluas kesempatan belajar bagi siswa. 4) Meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. 5) Mengubah budaya mengajar guru.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Edmodo membantu guru untuk meningkatkan prestasi belajar terutama pada pelajaran Matematika.
Tri waluya, S.Pd
Guru Matematika SMAN 1 Cawas, Klaten