Dalam kurikulum terbaru, siswa dituntun untuk aktif dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator. Dalam realita di lapangan masih banyak guru yang menggunakan metode pembelajaran yang monoton dan membosankan serta media yang digunakan bersifat konversinal.Bahkan terdapat guru dalam pembelajaran tanpa menggunakan media apapun.Oleh karena itu guru dituntut berperan aktif dan efektif serta mampu mengguakan media sebagai alat pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran.
Media Mindjet Mindmanager merupakan salah satu media yang paling tepat dalam pembelajaran yang dilakukan di kelas VII A di SMPN 1 Penawangan, karena media pembelajaran ini merupakan salah satu alternatif alat atau perantara yang berfungsi untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan juga peserta didik dalam memahami materi yaitu dalam pembelajaran menulis karangan terutama teks cerita fabel.
Media Mindjet Mindmanager adalah sebuah aplikasi software yang memiliki konsep seperti Mind Mapping yang dikembangkan oleh Tony Buzan (Buzan,Tony:2017:7).
Menurut Kamus Bahasa Indonesia (KBBI :2011:136) cerita fabel adalah cerita yang menggambarkan watak manusia, budi pekerti dan pendidikan moral pelakunya serta diperankan oleh binatang.
Tujuan dari penggunaan media ini adalah untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dibandingkan yang tidak menggunakan media pembelajaran.Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa kurang menguasai dalam ketrampilan menulis cerita fabel yaitu, (1) siswa masih merasa kurang tertarik dengan ketrampilan menulis teks cerita fabel, (2) siswa merasa kesulitan dalam menemukan dan mengemukakan ide atau gagasan ke dalam sebuah tulisan, (3) siswa kesulitan dalam memahami konsep dan materi teks cerita fabel, (4) pemelajaran yang monoton dan membosankan dengan lebih banyak metode ceramah, dan (5) media yang digunakan sebagai alat dalam menyampaikan materi kurang menarik bagi siswa dan cenderung terabaikan sehingga tidak dapat memotivasi dan memacu rasa keingintahuan siswa terhadap pembelajaran.
Dengan melihat faktor-faktor tersebut, maka guru harus bisa kreatif untuk mengubah proses pembelajaran sehingga siswa lebih tertarik dan pada akhirnya akan memperoleh hasil yang lebih baik lagi.
Media Mindjet Mindmanager dengan mempersiapkan perangkat pembelajaran yaitu berupa materi teks cerita fabel melalui aplikasi mindjet mindmanager,LCD proyektor serta soun system sebagai alat penunjang dalam proses pembelajaran.
Dalam media Mindjet Mindmanager dimulai sesuai dengan langkah-langkah yang terdapat dalam RPP,dengan lebih seringnya menayangkan video cerita binatang sehingga siswa mudah memahami struktur dan urut-urutan kejadian dalam cerita.Dan guru harus mampu mengkondisikan siswa serta berperan aktif sebagai fasilitator. Setelah beberapa video ditayangkan tahap berikutnya adalah penyampaian materi teks cerita fabel beserta tahapan-tahapan dalam menulis teks cerita fabel dengan berbantuan media mindjet mindmanager.
Pada tahap terakhir guru memberikan tugas berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai bentuk tes kemampuan dalam menulis teks cerita fable. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran.
Dengan demikian, media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam rangka peningkatan hasil belajar sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
RATNA INDRIASTUTI,S.Pd
SMP NEGERI 1 PENAWANGAN