Kelimpahan Unsur adalah materi kimia kelas XII semester ganjil dengan pembahasan materi meliputi unsur-unsur : golongan gas mulia, golongan halogen, golongan alkali, golongan alkali tanah, periode ketiga dan transisi periode keempat. Dari enam pokok bahasan tersebut masing-masing akan membahas tentang unsur-unsurnya apa saja, sifat-sifatnya, mineral-mineralnya di alam, proses pembuatannya, kegunaan unsur maupun senyawanya yang dibentuk. Dengan cakupan materi yang begitu luas dan majemuk tersebut guru sering mengalami kendala yang dikhawatirkan dapat menghambat pencapaian kompetensi peserta didik, yaitu bagaimana caranya menjaga agar selama kegiatan belajar mengajar tersebut peserta didik tetap fokus dan tidak jenuh menghadapi materi pelajaran yang menuntut peserta didik tidak sekedar paham saja tetapi kadang juga harus hafal .
Dengan adanya kendala tersebut kita sebagai guru dituntut untuk lebih kreatif dalam kegiatan belajar mengajarnya. Metode pembelajaran konservatif dengan menyuruh peserta didik untuk merangkum materi, peserta didik hanya pasif menerima penjelasan dari guru, atau memberi tugas peserta didik dengan banyak soal malahan akan membuat mereka jenuh dan stress. Lalu apa yang harus dilakukan oleh para guru agar peserta didik merasa enjoy selama mempelajari materi kelimpahan unsur yang begitu luas dan majemuk tersebut sehingga mereka akan dapat lebih mudah memahaminya.
Salah satu solusi untuk mengatasi kendala tersebut yaitu dengan penerapan metode permainan Crossword Puzzle. Crossword Puzzle adalah suatu permainan teka-teki (puzzle) silang atau sejenisnya yang berguna untuk mempelajari pola pikir, pemikiran logis, sistem pendekatan serta pemecahan masalah secara umum (Johson, 2004 : 113). Sebuah teka-teki bisa membuat kita berpikir, mencari dan menemukan jawaban. Adapun manfaat dari Crossword Puzzle di dalam proses pembelajaran (Ghanoe, 2010 : 10), antara lain : a) dapat mengasah daya ingat, b) belajar klasifikasi, c) mengembangkan kemampuan analisa, d) menghibur, e) merangsang kreatifitas. Pada proses pembelajaran dengan metode Crossword Puzzle ini sebelumnya peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan cakupan materinya, kemudian masing-masing kelompok diberi tugas membuat Crossword Puzzle, sesuai dengan langkah-langkah antara lain : 1) menuliskan kata-kata kunci (clue) yang berhubungan dengan materi pembelajaran, 2) membuat kisi-kisi yang dapat diisi dengan kata yang telah dipilih, 3) membuat pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya adalah kata yang telah dipilih, 4) mempresentasikan hasil kerja kelompoknya secara bergantian, 5) Kelompok lain bertugas mengisi atau menjawab kotak-kotak Crossword Puzzle yang dipresentasikan, 6) Hasil presentasi Crossword Puzzle dari semua kelompok kemudian disimpulkan bersama-sama, guru bertindak sebagai moderator dan fasiitator.
Pembelajaran materi kelimpahan unsur dengan metode Crossword Puzzle ini membuat kegiatan pembelajaran lebih mengasyikkan dan suasana kelas lebih menyenangkan karena peserta didik berlomba-lomba untuk mengisi kotak-kotak pada Crossword Puzzle yang ditampilkan oleh kelompok lain. Dengan metode ini daya ingat peserta didik tentang materi kelimpahan unsur juga jauh lebih baik karena soal-soal yang ditampilkan dalam Crossword Puzzle yang mereka buat adalah hasil proses diskusi kelompok dari materi yang mereka cari sendiri artinya peserta didik sudah terlibat secara aktif dari awal proses pembelajaran, tidak sekedar pasif menerima penjelasan dari guru.
Akhirnya dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan metode Crossword Puzzle pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, daya ingat peserta didik lebih baik sehingga akan diperoleh hasil belajar yang lebih maksimal.
Oleh :
Yeni Sanawati, S.Pd
Guru Kimia SMA N 1 Tangen, Sragen