Basketball Game Tingkatkan Minat Belajar Gerak Parabola

Darman, M.Si Guru Fisika SMA Negeri 2 Sragen
Darman, M.Si Guru Fisika SMA Negeri 2 Sragen

Berbagai upaya dilakukan guru agar siswa kelas 10 IPA 2 semester ganjil SMA Negeri 2 Sragen tahun pelajaran 2019/2020 berminat belajar gerak parabola, sehingga prestasi belajar juga meningkat. Dari 36 siswa 70%  siswa minat tidak berminat, 22,2% siswa cukup berminat  dan 8% siswa berminat, prestasi siswa 86% belum tuntas dan 14% siswa yang tuntas dengan rata-rata 64,56 dari KKM 70,00. Melihat permasalahan yang ada bagaimana cara menumbuhkan minat belajar siswa? Minat diartikan sebagai kecenderungan subyek yang menetap untuk merasa tertarik pada bidang study atau pada pokok bahasan tertentu dan merasa senang untuk mempelajarinya yang  dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu : 1. Factor dari dalam diri siswa, 2. Motivasi social, 3. Emosional, Winkel ( 1996:188). Basketball game merupakan olahraga yang digemari mulai dari anak-anak, tua muda, laki-laki  perempuan. Dalam permainan bola basket terdiri dari 2 kelompok dengan masing-masing kelompok 5 siswa. Minat siswa terhadap suatu yang kelihatan apabila obyek tersebut sesuai dengan kebutuhan seseorang atau yang bersangkutan, Sardiman (2003 : 76).  Metode Basketball game ( KD 3.1) dengan materi gerak parabola (KD 3.5) bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar.

Baca juga:  Peer Tutoring Gairahkan Belajar Siswa

Hill dan Hill (dalam Setyowati, 2009 : 12) keunggulan belajar kolaboratif : 1. prestasi belajar lebih tinggi, 2. pemahaman lebih mendalam, 3. mengembangkan ketrampilan, 4. sikap positip, 5. belajar inklusif dan saling memiliki. Dalam proses pembelajaran langkah-langkah yang dilakukan : 1. Guru bekerjasama dengan guru olahraga menentukan hari dan jam pembelajaran. 2. Guru memberikan stimulus, 3. Guru membentuk kelompok masing-masing 5 siswa, 4. Siswa diminta belajar dilapangan basket, 5. Guru olahraga menyampaikan materi bola basket, 6. Siswa melakukan pelemparan bola basket kekeranjang basket dari titik freetrhow, 7. Guru menunjuk salah satu kelompok siswa untuk memimpin diskusi. Dalam diskusi bersama kedua guru sebagai pasilitator saja. Munculnya berbagai pertanyaan siswa ada satu pertanyaan yaitu kenapa ada lemparan yang masuk keranjang dan ada yang tidak?  Guru fisika membahas dari aspek sudut, kecepatan dengan analisa vector sedangkan guru olahraga menerangkan dari sisi teknis yaitu posisi kaki, tangan, badan pada waktu pelemparan. Permainan bola basket pada titik freethrow ada 3 kriteria poin yaitu : 1. Pelemparan dari luar kotak freethrow mendapat poin 3, didalam kotak mendapat poin 2, pelemparan karena pelanggaran dilakukan dititik freethrow mendapat poin 1.

Baca juga:  Mind Mapping Tingkatkan Hasil Belajar IPS

Menurut Hambalik (1983 : 56) hasil belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang setelah memperoleh pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukan 80,5% (29 siswa) berminat, 16,7% (6 siswa) cukup berminat dan 2,8 % (1 siswa) tidak berminat. Prestasi yang dicapai juga mengalami peningkatan dari 36 siswa 94,4% tuntas dan 5,6% tidak tuntas dengan rata-rata 72,67. Dapat disimpulkan bahwa olahraga basketball game  dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar gerak parabola ( KD 3.5) bagi siswa kelas 10 IPA 2 semester ganjil SMA Negeri 2 Sragen tahun pelajarah 2019/2020. Bagi guru yang ingin menerapkan metode ini hendaknya dipersiapkan dengan baikterutama guru olahraga yang menguasai materi basket.

 


Oleh :

Darman, M.Si

Baca juga:  Capai Ketuntasan Belajar matematika dengan TGT

Guru Fisika SMA Negeri 2 Sragen