33 C
Semarang
Rabu, 15 Oktober 2025

Peningkatan Membaca Permulaan Gunakan Media Kartu Kata

Membaca merupakan salah satu jenis kemampuan berbahasa tulis yang bersifat reseptif. Disebut reseptif karena dengan membaca seseorang akan memperoleh informasi, ilmu pengetahuan, dan pengalaman-pengalaman baru. Semua yang diperoleh melalui bacaan itu akan memungkinkan orang tersebut mampu mempertinggi daya pikirannya, mempertajam pandangannya, dan memperluas wawasannya. Oleh karena itu, pembelajaran membaca di sekolah dasar  mempunyai peranan yang penting untuk menunjang keberhasilan belajar siswa.

Kemampuan membaca permulaan sangat penting diajarkan pada siswa kelas rendah, karena dengan menguasai kemampuan membaca siswa dapat memahami bahasa, membuka cakrawala dunia sehingga penting untuk diajarkan dengan baik oleh guru kelas rendah. Namun  pada  kenyataannya  dari  hasil  observasi  awal di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan di kelas 1    SDN    Sempu Kecamatan Limpung ternyata masih rendah. Hal ini terjadi karena siswa tidak diberikan   media   yang   menarik, yang   mana   dalam   proses pembelajaran  hanya  menggunakan  buku  pelajaran  yang tersedia disekolah.

Sebagaimana  telah  kita  ketahui  bahwa  anak  memiliki karakter  yang  khas  dan  unik  baik  secara  fisik  maupun mental.Oleh  karena  itu,  strategi  dan  metode  pengajaran yang  diterapkan  harus  sesuai  dengan  kekhasan  anak yaitu dengan strategi bermain sambil belajar atau belajar seraya bermain, seperti contoh misalnya bermain dengan menggunakan media kartu kata. Bermain    dengan menggunakan   media   kartu   kata   merupakan   sarana untuk    menggali    pengalaman    belajar    yang    sangat berguna   dalam belajar membaca permulaan .   Bermain   dengan   menggunakan media  kartu  kata    juga  dapat  menjadi  sarana  untuk mengembangkan kreativitas dan daya ingat.

Baca juga:  Microsoft Office 365 Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring

       Kartu kata adalah kartu yang berisi sebuah kata yang dapat menghasilkan sebuah kalimat. Dari kartu kata dapat disusun menjadi kalimat baru dengan beberapa kartu kata, selain itu dari kata tersebut dapat dipisah-pisah menurut suku-suku kata, kemudian diuraikan lagi menjadi huruf-huruf.

Media kartu kata menurut Sadiman  (2010:6) adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta perangsang peserta didik untuk belajar. Media pengajaran dapat mempertinggi proses pembelajaran. Sudjana dan Rivai (2013:6) menjelaskan manfaat tentang media pengajaran, anatara lain: (1) menumbuhkan motivasi belajar karena pengajaran lebih menarik perhatian siswa, (2) materi menjadi jelas maknanya sehingga mudah dipahami siswa, (3) metode yang digunakan guru akan bervariasi sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, (4) siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan guru saja tetapi melakukan aktivitas lainnya, seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lain.

Fungsi media kartu kata secara umum adalah sebagai berikut, (1) alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif, (2) bagian integral dari keselutuhan situasi mengajar, (3) meletakkan dasar-dasar yang konkret dan konsep yang abstrak sehingga dapat mengurangi pemahaman yang bersifat verbalisme, (4) membangkitkan motivasi belajar peserta didik, (5) mempertinggi mutu belajar mengajar  ( Sadiman 2010:17).

Baca juga:  Teknik Pemodelan Tingkatkan Keterampilan Menulis Teks Persuasi

Media kartu kata  tentu akan sangat membantu guru dalam proses pembelajaran membaca permulaan. Pembelajaran membaca permulaan  penggunaan media kartu kata dapat membantu siswa mengenal huruf,suku kata, kata, dan kalimat sederhana. Sehingga siswa pun dapat menggabungkan suku kata yang acak menjadi kata.

            Langkah pemanfaatan kartu kata dalam pembelajaran pertama mempersiapkan media kartu kata bergambar dan mengenalkannya kepada anak. Guru mengenalkan satu per satu lambang bunyi huruf yang membentuk kata dan anak menyebutkannya, kemudian menebak fonem yang tertulis dibagian belakang kartu, serta melihat suku kata yang ada di bagian belakang kartu. Anak menyebutkan kata yang memiliki fonem yang sama dengan kata yang ditunjuk guru pada media kartu kata bergambar. Pemanfatan kartu kata dapat dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Sempu Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Oleh

Wiwiet Dian Puspitasari, S.Pd.SD

Guru SDN Sempu Kabupaten Batang


TERKINI


Rekomendasi

...

PPKM Tingkatkan Kreatifitas

Tingkatkan Hasil Belajar IPA dengan “NHT”

Komik Canva Alternatif PJJ yang Menarik

Sajikan Hasil Klasifikasi Isi Buku dengan...