Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan pada jenjang SMP/Mts, materi IPS merupakan perpaduan dari berbagai cabang ilmu dan Humaniora sehingga akan lebih bermakna dan kontektual apabila didesain secara terpadu (Supardi,2011:182). Karakteristik mata pelajaran IPS SMP adalah dari berbagai cabang ilmu yaitu geografi,sejarah, sosiologi dan ekonomi. Pada materi geografi peserta didik dituntut untuk dapat memahami lokasi suatu wilayah yang belum pernah mereka kunjungi hanya dari penjelasan guru dan buku paket yang mereka baca merupakan hal yang sulit bagi peserta didik sehingga peserta didik tidak bersermangat dan kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran.
Kegiatan belajar mengajar yang baik memerlukan keterlibatan siswa secara aktif agar pembelajaran menjadi efektif dan sesuai tujuan yang dicapai. Untuk itu sebaiknya guru menciptakan kondisi pembelajaran sebaik baiknya, pembelajaran yang efektif dapat dilihat dari adanya minat serta perhatian peserta didik dalam pembelajaran. Minat serta perhatian peserta didik dalam pembelajaran menjadi faktor yang menentukan keaktifan belajar siswa, salah satu hal yang perlu dilakukan dengan menciptakan pembelajaran yang baik agar peserta didik dapat berkembang dan memahami proses pembelajaran yang diberikan.
Kegiatan pembelajaran dikelas VIII SMPN 1 Japah kecamatan Japah Kabupaten Blora. Dalam kenyataannya tidak semua peserta didik memiliki minat mempelajari peta, mereka beranggapan bahwa peta terlalu sulit dipelajari. peserta didik belajar IPS materi Negara ASEAN hanya menggunakan peta sehingga mengalami kesulitan membaca peta, kurang memahami isi dari peta, kurang mengetahui letak suatu negara. Dengan menggunakan peta dirasa kurang menarik dan monoton pembelajaran berpusat pada guru saja, maka guru perlu membangkitkan semangat belajar peserta didik agar lebih menarik dan menyenangkan maka menggunakan media yang dapat melibatkan peserta didik lebih aktif yaitu dengan aplikasi Google Maps.
Google Maps merupakan aplikasi yang menampilkan gambaran permukaan bumi yang ditampilkan dalam bentuk peta digital (Nuryani,2018:5). Lebih lanjut dalam artikel wikipedia menjelaskan bahwa Google Maps merupakan layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini dapat menampilkan citra satelit,peta jalan,3600 panorama jalan-jalan (street view), kondisi lalu lintas realtime (Google traffic) dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, kendaraan pribadi atau transportasi umum. Menurut Bernadus dan Ester(2012:9) Google Map merupakan aplikasi pada gadget yang berupa peta digital digunakan untuk menunjukkan arah,letak dan lokasi yang hendak dituj
Adapun langkah langkah menggunakan Google Maps dalam pembelajaran IPS pada materi Negara-Negara ASEAN. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok melakukan pengamatan dan identifikasi terhadap satu negara anggota ASEAN. guru memberikan tugas pada peserta didik berupa LKS, tugas ini diberikan dengan cara mencari informasi pada handpone yang mereka bawa. Peserta didik menggunakan Aplikasi Google Maps untuk mengidentifikasi kondisi alam, letak geografis dan juga tempat-tempat menarik pada negara teresebut. Peserta didik diminta untuk mengerjakan secara berkelompok, dalam kegiatan tersebut peserta didik melakukan pengamatan terhadap gambar pada Google Maps, mengidentifikasi dan berdiskusi untuk saling memberikan jawaban dan kemudian mempresentasikan hasil jawaban yang mereka dapat dari Google Maps. Peserta didik sangat bersemangat ketika melihat Street view pada suatu lokasi negara ASEAN, melihat kindisi kota, keadaan alam yang menarik dinegara itu. Setelah menggunakan media Google Maps suasana belajar lebih semangat, lebih hidup dan lebih termotivasi untuk belajar materi tersebut.
Penggunaan media Aplikasi Google Maps dalam kegiatan pembelajaran IPS peserta didik dapat membangkitkan semangat pembelajaran dan motivasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran IPS.Primadita (2016) menjelaskan Google Maps pada pembelajaran IPS berfungsi untuk menyampaikan materi agar lebih mudah diterima oleh peserta didik sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media berupa apilkasi Google Map dapat membangkitkan semangat pembelajaran dan menciptakan pembelajaran yang lebih efektif,efisien serta termotivasi untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar
Oleh:
Warti, S.Pd
Guru Mapel IPS
SMPN 1 Japah,
Kabupaten Blora