Akuntansi Dasar merupakan mata pelajaran produktif jurusan akuntansi kelompok paket keahlian (C3). Sering siswa merasa kesulitan dalam memahami proses pembuatan jurnal, buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan.
Spreadsheet adalah mata pelajaran produktif akuntansi kelompok dasar program keahlian akuntansi (C2) yang diberikan pada kelas X sesuai dengan kurikulum yang diterapkan pada siswa kelas X AKL SMKN 9 Semarang. Aplikasi spreadsheet yang digunakan adalah Microsoft excel. Microsoft excel adalah Program pengolah angka yang digunakan untuk mengolah angka membuat daftar dalam bentuk table grafik dan perhitungan angka lainnya.
Siswa kelas X AKL 1, 2 dan 3 SMK Negeri 9 Semarang pada mata pelajaran spreadsheet diantaranya mempelajari Kompetensi Dasar (KD) fungsi matematika, statistik, date-time, finansial, grafik, semi-absolut absolut dan logika dan menerapkan aplikasi jurnal, buku besar, neraca lajur dan laporan keuangan. Dengan bekal rumus fungsi tersebut siswa mampu menerapkan ke dalam jurnal dengan rumus lookup yang diperoleh dari daftar akun. Siswa juga mampu menerapkan ke dalam buku besar dengan langkah menu data advance copy to another. Setelah buku besar siswa membuat neraca lajur (worksheet) dengan menggunakan fungsi logika.
Neraca lajur/worksheet terdapat kolom neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo disesuaikan, laba rugi dan neraca. Pemasukan data di neraca saldo dan jurnal penyesuaian tidak terjadi masalah namun di kolom neraca saldo disesuaikan (NSD) inilah siswa dalam mengerjakan akuntansi secara manual sering melakukan kesalahan terutama dalam memindahkan dan menghitung NSD sering terjadi salah angka, salah hitung dan salah tempat harusnya di sisi debit diletakkan di sisi kredit atau sebaliknya, seharusnya dikurangkan malah ditambah atau sebaliknya sehingga jumlah angka menjadi tidak seimbang antara debit dan kredit. Disinilah siswa akhirnya menjadi kesulitan dan putus asa dalam menghitung dan hasilnya menjadi salah dan tidak akurat dan siswa menjadi tidak antusias lagi untuk melanjutkan pekerjaaannya.
Namun dengan menggunakan spreadsheet siswa mengerjakan worksheet dengan memasukkan rumus logika untuk NSD (neraca saldo disesuaikan) menjadikan mudah karena dengan satu rumus berlaku untuk semua akun sehingga hasil yang diperoleh akurat karena terhindar terjadinya kesalahan tempat, salah angka dan salah akun. Langkah selanjutnya adalah memasukkan rumus untuk laba rugi dan neraca dengan rumus gabungan logika dan left yaitu untuk mengambil akun berkepala 4 dan 5 untuk laba rugi, serta neraca adalah akun yang berkepala 1,2 dan 3.
Komputer memiliki sifat GIGO yaitu garbage in garbage out yaitu jika memasukkan data yang salah maka akan menghasilkan data yang salah, jika memasukkan data yang benar maka hasil yang keluar juga benar. Oleh karena itu bila sudah memasukkan data yang benar maka tidak akan terjadi salah hitung lagi maupun salah tempat dan hasilnya pasti benar dan akurat.
Dengan kemampuan mengoperasikan aplikasi pengolah angka / microsoft excel sangat membantu pekerjaan siswa dalam mengerjakan neraca lajur/kertas kerja (worksheet). pekerjaan selanjutnya adalah mengerjakan laporan keuangan yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan neraca. Pekerjaan yang semula sulit dan susah dikerjakan menjadi mudah dan cepat diselesaikan sehingga membuat siswa menjadi sangat senang dan menjadi lebih antusias dalam menekuni pelajaran akuntansi yang menjadi pelajaran inti dari program keahlian akuntansi. Demikian mudahnya pekerjaan worksheet diselesaikan sehingga dapat disampaikan bahwa belajar spreadsheet membuat worksheet menjadi asyik.
Sri Kunasih, S.Pd
Guru Produktif Akuntansi SMK Negeri 9 Semarang