Membaca permulaan sangat penting bagi siswa kelas rendah. Melalui membaca permulaaan, siswa dapat mengenal huruf dan bunyi dari sebuah bacaan. Membaca permulaan merupakan salah satu tahap dimana siswa dapat menggabungkan huruf demi huruf menjadi sebuah kata yang bermakna dan dapat dimengerti saat dibaca. Namun sebelum itu, siswa harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana bentuk dan bunyi dari tiap-tiap huruf serta bagaimana cara mengelompokkan huruf itu menjadi sebuah kata. Untuk itu guru juga harus berperan penting dalam mengenalkan huruf pada siswa dan bagaimana bunyi dari tiap-tiap huruf. Dengan begitu siswa dapat membedakan mana huruf “a” dan mana “c “ dan bagaimana bunyi dari kedua huruf itu.
Koswara ( 2013 : 20 ) mengungkapkan bahwa membaca permulaan umumnya dimulai sejak anak masuk kelas satu SD, atau ketika anak berusia antara 6-7 tahun. Menurut Herusantoso(dalam K. Istarocha,2012 : 14 ), tujuan pembelajaran membaca permulaan agar peserta didik mampu memahami dan menyuarakan kalimat sederhana yang ditulis dengan intonasi yang wajar, peserta didik dapat membaca kata – kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat dalam waktu yang relatif singkat. Untuk melakukan kegiatan membaca permulaan guru harus menyiapkan media yang relatif mudah pembuatannya karena media merupakan salah satu alat yang mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, media kartu huruf merupakan suatu alat yang dapat mempermudah guru dalam melakukan proses pembelajaran baik tatap muka maupun pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Untuk itu, penulis sebagai guru kelas 1 memilih kartu huruf sebagai media untuk pembelajaran membaca siswa kelas 1 di SD N 4 Sukorejo Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2021 /2022. Agus Hariyanto (2009 ; 84) mengungkapkan bahwa metode permainan kartu huruf adalah suatu cara dalam kegiatan pembelajaran untuk anak usia dini melalui permainan kartu huruf. Kartu huruf yang digunakan berupa kartu yang sudah diberi simbol huruf dan gambar beserta tulisan dan makna gambarnya. Alasan penulis memilih media tersebut karena kartu huruf mudah dibuat dan murah harganya, bahkan kita dapat membuatnya sendiri dengan memanfaatkan kertas bekas. Manfaat kartu huruf dan kelebihan permainan kartu huruf adalah dapat membantu anak untuk belajar mengenal huruf dengan mudah serta memperlancar kemampuan membaca anak. Permainan kartu huruf juga dapat menumbuhkan motivasi belajar anak secara aktif dan percaya diri.
Langkah – langkah dalam bermain kartu huruf adalah ambilah satu persatu kartu huruf secara bergantian. Amatilah simbol huruf pada kartu yang sedang dipegang, kemudian sebutkanlah simbol huruf yang tertera pada kartu huruf. Baliklah kartu huruf, amati gambar dan tulisan yang terdapat pada kartu, kemudian sebutkanlah gambar benda dan huruf depan dari gambar benda yang tertera pada kartu huruf. Permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan. Melalui permainan kartu huruf, anak-anak mampu memecahkan persoalan yang terkait dengan kemampuan mengenal huruf karena dengan permainan kartu huruf anak-anak dapat belajar dengan mudah tentang bentuk-bentuk huruf. Penerapan permainan kartu huruf juga dapat menumbuhkan rasa disiplin dan jiwa sportif, sehingga dapat membangun persaingan yang sehat antar anak – anak. Permainan kartu huruf juga memupuk sikap percaya diri pada anak-anak, karena anak-anak terstimulasi untuk berani belajar sendiri saat mencoba bermain kartu huruf. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa bermain kartu huruf dapat menumbuhkan minat belajar siswa dalam membaca.
Riwayatun, S.Pd.SD.
Guru SD N 4 Sukorejo
Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal