Bermain Peran dengan Tata Surya

ERNA SETIAWATI,S.Pd.SD SD NEGERI 2 SIMBANG MANDIRJA BANJARNEGARA.

Ilmu Pengetahuan Alam adalah mata pelajaran yang isinya berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penugasan kumpulan penegtahuan yang berupa fakta-fakta,konsep-konsep atau prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan ( Samatowa , 2006: 2 ).

Dalam pembelajaran Kelas 6  tema 9 subtema 1 pembelajaran 1  KD.3.7   Menjekaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya dan KD  4.7 Membuat model sistem tata surya. Tata Suryaadalah kumpulan benda langit yang terdiri dari sebuah bintang yang disebut matahari dan semua obyek yang terikat oleh gaya gravitasinya, dalam materi tersebut di SD Negeri 2 Simbang Kecamtan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara, saat awal pembelajaran guru hanya menggunakan gambar diam  atau gambar yang hanya di dalam buku saja , dalam pembelajaran siswa tidak aktif dan terlihat bosan, sehingga siswa saat ulangan pun nilainya tidak bagus, jelas saja nilainya tidak bagus karena kurang maksimal dalam  penyampaian pembelajarannya,sehingga materi tidak tersalurkan secara maksimal . karena hal tersebut guru pun berfikir keras bagaimana caranya supaya para siswa tertarik dan cepat paham dengan pembelajaran tema 9 sub tema 1 pembelajaran tentang tata surya tersebut, ahirnya guru menemukan ide , ide tersebut yaitu  belajar dengan bermain peran.

Baca juga:  Metode HSI Tingkatkan Kepekaan Rasa dalam Pembelajaran Tari

Menurut Nana Sudjana, bermain peran adalah suatu teknik kegiatan belajar yang menekankan pada kemampuan penampilan wraga belajar untuk menerangkan suatu status /fungsi suatu pihak pihak lain yang terdapat pada dunia kehidupan. Sejalan dengn pendapat dari Nana Sujana, (Hamalik,2008:214)pun menerangkan bahwa bermain peran merupakan penerapan pengajaran berdasarkan pengalaman. Bermain peran memungikinkan para siswa mengidentifikasi situasi,situasi dunia nyata dan ide-ide orang lain, identifikasi tersebut mungkin cara untuk mengubah perilaku dan sikap sebagaimana siswa menerima karakter orang lain.

Adapapun alat dan bahan  yang dibutuhkan adalah kertas dan spidol serta  langkah-langkah dalam bermain peran dalam tata surya yaitu pertama siswa diharapkan memperhatikan dengan seksama gambar sistem tata surya pada buku pelajaran( buku tema 9 kelas 6 halaman 3 ),kemudian memberi nama  planet dalam tata surya secara berurutan dari no satu  sampai Delapan stelah itu buatlah kelompok yang terdiri dari sembilan orang, satu orang akan berperan sebagi matahari, dan delapan sebagai planet yang ada dalam sistem tata surya setelah itu potong kertas karton sesuai kebuthan , tuliskan nama-nama planet dan matahari dengan menggunakan spidol, pasang tali pada kedua ujung karton lalu kalungkan pada leher setiap anggota kelompok. Setiap anggota kelompok diperbolehkan untuk berdandan sesuai dengan karakter planet yang diwakili berdasarkan imajinasi,lakukan diskusi dengan anggota kelompok untuk menentukan peran setiap anggota. Setiap anggota kelompok mempelajari karakteristik setiap planet yang telah diketahui sehubungan gerakan rotasi dan revolusinya.

iklan
Baca juga:  Media Blok Pecahan Tingkatkan Belajar Pecahan

Saat bermain peran para siswa sangat antusias dalam pelajaran dan para siswapun sangat meghayati peran mereka masing masing sehingga mereka pun ahirnya paham tentang  sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya, dan saat ulangan di lakukan siswapun mengalami kenaikan nilai menjadi lebih bagus lagi dari sebelumnya.

Kesimpulannya dengan menggunakan metode “Bermain Peran denga Tata Surya “ siswa lebih bagus  nilainya dibandingkan dengan hanya membaca dan melihat gambar yang ada di dalam buku.

ERNA SETIAWATI,S.Pd.SD

SD NEGERI 2 SIMBANG

MANDIRJA

BANJARNEGARA.

iklan