Bola Gantung, Dukung Media Pembelajaran Passing Atas

M. Wakidin, S. Pd Guru PJOK SMP Negeri 1 Sayung Kabupaten Demak
M. Wakidin, S. Pd Guru PJOK SMP Negeri 1 Sayung Kabupaten Demak 

Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) terutama pada materi passing atas permainan bolavoli, banyak sekali peserta didik yang kesulitan melakukanya dengan baik, terutama bagi peserta didik putri dan apabila bola terlempar jauh, terkadang peserta didik malas untuk mengambilnya sehingga kurang kondusif, hal ini akan lebih parah lagi apabila selokan atau saluran air dilingkungan sekolah terbuka yang mengakibatkan bola yang terlempar masuk dalam selokan dan di dalam selokan tersebut ada airnya, banyak anak yang malas untuk mengambilnya mengakibatkan peserta didik kurang bersemangat dalam mengikuti porses belajar mengajar passing atas. Termasuk di SMP Negeri 1 Sayung Kabupaten Demak [1].

Untuk menangani masalah pada paragraf tersebut penulis membuat innovasi media pembelajaran dengan menggunakan media bola gantung, karena dengan media bola gantung yakni bola akan tergantung di atas dan tidak akan terlempar jauh jadi peserta didik dan tentunya bola tersebut akan mendekat pada posisi peserta didik, karan tergantung dekat dengan peserta didik, jadi peserta didik tidak perlu berlarian atau berjalan lebih jauh untuk mengambil bola; dengan cara seperti ini dapat menghemat tenaga siswa dan siswa lebih senang dalam malakukan passing atas. Dengan kata lain bola gantung dimaksudkan untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan pembelajaran tehnik dasar pasing atas bolavoli dan meningkatkan ketepatan bola dalam melakukan pasing.

Baca juga:  Peran Penting “Kelompok Kerja Guru (KKG)”

Penerapan pembelajaran passing atas dengan menggunakan media bola gantung yaitu untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan pembelajaran tehnik dasar pasing atas bolavoli dan meningkatkan ketepatan bola dalam melakukan pasing. Media pembelajaran bola gantung ini dibuat dari bolavoli yang dihubungkan dengan tali dan digantung pada kayu atau besi, sehingga bola tergantung dan masih dapat bergerak dengan bebas.

Pelaksanaan pembelajaran passing atas di lembaga pendidikan sebaiknya diawali dengan membuat rancangan pembelajaran, karena itu merupakan salah satu tugas seorang guru sebelum melakukan pembelajaran di ruang kelas. Karena dalam pembelajaran passing atas ini menggunakan media bola gantung, maka guru tersebut harus mempersiapkan media bola gantung dan sebaiknya tidak hanya satu saja yang digantung tetapi paling tidak ada 4 buah bolavoli yang digantung, mengingat peserta didik dalam satu kelas kurang lebih terdiri dari 32 pesreta didik.  4 buah bolavoli tersebut harus sudah dikaitkan dengan tali, dalam hal ini sebaiknya tali yang digunakan adalah tali yang lentur atau berbahan karet sehingga akan lebih bebas bergerak lalu digantungkan pada kayu atau besi, dengan demikian bola tidak akan terlempar jauh tetapi bola msih dapat bergerak bebas, apabila akan dibuat dokumentasi maka perlu mempersiapkan kamera.

iklan
Baca juga:  “Cari Jodoh” Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Inovasi dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan baik pada model pembelajaran, metode, teknik maupun media pembelajaran, guna meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan meningkatnya motivasi belajar peserta didik tentunya akan berdampak pada hasil belajar siswa dan akan menciptakan prses belajar mengajar yang menarik, kondusif dan menyenangkan. Sehingga kehadiran guru dalam proses belajar mengajar selalu diharapkan siswa.

M. Wakidin, S. Pd

Guru PJOK SMP Negeri 1 Sayung Kabupaten Demak 

iklan