Kegiatan olahraga yang dilakukan secara baik dan benar memiliki dampak positif dalam perkembangan siswa baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Karena kegiatan olahraga selain memberi manfaat kesehatan fisik juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan sosialisasi siswa di berbagai bidang. Disamping itu kegiatan olahraga merupakan pembelajaran yang menyenangkan yang sering disebut Joyfull Learning.
Permainan bola voli merupakan salah satu kegiatan olahraga yang banyak digemari di masyarakat. Menurut Agus dkk. (2006: 27) untuk dapat bermain bola voli dengan baik, seorang pemain harus menguasai teknik dasar permainan bola voli, antara lain passing bawah, passing atas, dan servis. Teknik dasar servis dalam permainan bola voli terus berkembang. Dalam permainan bola voli, servis itu sangat penting karena dipakai untuk memulai permainan. Menurut Nuril Ahmadi (2007: 20) servis adalah pukulan bola yang dilakukan dari belakang garis akhir lapangan permainan melampaui net ke daerah lawan. Dalam perkembangannya servis menjadi salah satu serangan pertama yang sangat penting.Servis ada dua macam yaitu servis atas dan servis bawah.
Dalam pembelajaran bola voli tidak banyak siswa yang menyenanginya. Hal ini disebabkan masih banyak yang merasa ketakutan akan bola voli terutama bagi siswa sekolah dasar. Dengan keterbatasannya media pembelajaran dan tingkat kesulitan siswa dalam menerima pelajaran memaksa guru penjas lebih banyak lagi menggunakan modifikasi alat peraga agar siswa dapat memahami dan tidak takut dengan olahraga bola voli. Apabila siswa tidak merasa takut dengan bola voli akan menjadikan siswa aktif bergerak sehingga pembelajaran akan berhasil seoptimal mungkin. Hal ini juga terjadi di Sekolah Dasar Negeri Pitrosari kelas IV Kecamatan Wonoboyo Kabupaten Temanggung.
Menurut Asyhar (2011: 11) bahwa alat peraga pengajaran/pembelajaran merupakan alat atau bahan yang digunakan oleh pebelajar untuk membantu pembelajar dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan pembelajaran. Disamping itu, alat peraga juga mengilustrasikan dan pemantapan pesan dan informasi serta menghilangkan ketegangan, hambatan dan rasa malas peserta didik.
Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam hal ini adalah dengan menggunakan alat bantu atau alat peraga berupa bola plastik. Dengan penggunaan modifikasi bola plastik minat siswa akan meningkat dan mengurangi perasaan takut siswa dalam olahraga bola voli terutama servis atas bola voli. Alat bantu bola plastik akan membuat siswa lebih mudah menangkap materi ajar yang diberikan guru,memungkinkan siswa untuk terlibat langsung secara aktif dalam kegiatan belajar. Siswa akan mengalami langsung,melihat,menyentuh, dan merasakan pembelajaran servis atas bola voli yang sedang dipelajarinya. Dengan alat bantu tersebut dapat mengubah suasana menjadi lebih santai, menyenangkan dan tidak ada lagi perasaan ketakutan pada siswa. Siswa dapat melakukan teknik dasar servis atas bola voli dengan baik, benar, berulang-ulang dan siswa tidak akan merasa bosan lagi dalam pembelajaran bola voli terutama dalam melakukan servis atas bola voli.
Pemanfaatan alat bantu pembelajaran sederhana bola plastik sebagai sarana untuk membantu guru dalam menjelaskan teknik dasar servis atas pada siswa. Melalui alat bantu pembelajaran sederhana tersebut guru dapat memperlihatkan dan memberikan penjelasan yang mendetail mengenai teknik dasar servis atas bola voli.
Dengan mempraktekkan pembelajaran menggunakan modifikasi bola plastik dalam permainan bola voli siswa akan merasa lebih senang, tidak merasa takut, dan dapat meningkatkan kesegaran jasmani . Bukan hanya itu, ternyata partisipasi siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat.
Panca Dewi Sumariyam
Guru SD Negeri Pitrosari, Wonoboyo, Temanggung