Botol Plastik Dukung Belajar Karburator

Drs. Sri Suryana Dwi Atmaka Guru Keterampilan MAN Temanggung
Drs. Sri Suryana Dwi Atmaka Guru Keterampilan MAN Temanggung

Sulitnya pemahaman dalam belajar prinsip bahan bakar pada motor bensin, sering dilalami oleh para siswa. Karburator sebagai salah satu komponen yang penting pada sepeda motor harus dipelajari dengan seksama, baik teori maupun praktik. Tetapi pada awalnya masih banyak kekeliruan yang dilakukan para siswa program keterampilan sepeda motor MAN Temanggung.

. Mesin bermotor bensin akan bekerja optimal jika terpenuhi oleh 3 kondisi yaitu tepat pengapian, kompresi yang memenuhi syarat, dan campuran bahan bakar yang tepat. Hal itulah yang perlu ditekankan kepada para siswa. Diperlukan metode khusus sebelum siswa melaksanakan praktik pada media yang sesungguhnya.

Alat peraga pendidikan adalah suatu alat yang dapat diserap oleh mata dan telinga dengan tujuan membantu guru agar proses belajar mengajar siswa lebih efektif dan efisien (Sudjana: 2009). Maka dari itu guru harus mampu mencari solusi yang bagus. Misalnya dengan mebuat alat peraga, media pembelajaran atau alat bantu yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Guru boleh memakai yang sederhana maupun yang kompleks.

Baca juga:  Tingkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa melalui Permainan TTS

Ciri guru yang kreatif dan inspiratif diantaranya merancang alat peraga secara mandiri, mengajar dengan cara menyenangkan, dan variasi metode pengajaran (Educa Guru: 2017). Bagi kebanyakan orang, botol plastik bekas air mineral dianggap sebagai sampah, kurang bermanfaat. Tetapi bagi seorang guru yang kreatif, botol plastik bekas tersebut dapat dibuat alat peraga sederhana yang besar manfaatnya bagi pendidikan. Selanjutnya botol itu dibuat alat yang disebut model venturi karburator.


Cara membuatnya, sediakan sebuah botol plastik bekas air mineral ukuran 600 mL. buang tutupnya. Potong botol tersebut menjadi 2 bagian atas dan bawah. Sediakan bekas plastik isi pulpen yang sudah habis tintanya. Potonglah hingga menjadi pipa kecil yang berlubang. Buatlah lubang kecil pada sisi leher botol plastik bagian atas, lalu masukkan pipa kecil pada lubang tersebut.

Baca juga:  Pembelajaran PBL Tingkatkan Keaktifan Belajar Mapel PAI

Adapun cara menggunakan model venturi itu sebagai berikut. Isilah potongan botol bawah yang berfungsi sebagai mangkok, dengan air bersih secukupnya. Letakkan ujung pipa plastik ke dalam air, sehingga posisi potongan botol atas dalam posisi mendatar di atas potongan botol bawah. Tiuplah memakai hembusan mulut masuk mengarah ke lubang besar botol bagian atas. Lubang besar itulah yang selanjutnya disebut venturi. Pada saat ditiup, ternyata terjadi gejala keluarnya butiran butiran air yang mengkabut bersamaan dengan hembusan udara.

Supaya mendukung pemahaman prinsip kerja tersebut, tentunya siswa juga harus ikut terlibat dalam membuat alat peraga sederhana tadi. Para siswa pun juga harus memperagakan di hadapan guru dan teman-temannya. Dengan demikian guru akan lebih mudah menanamkan prinsip kerja karburator yang bedasar azas Bernoulli. Akibat tiupan, maka udara bergerak dengan cepat, sehingga tekanan udara di dalam ruang venturi berkurang. Hal ini menyebabkan cairan dalam mangkok terangkat naik melewati pipa kecil, dan terjadi pencampuran air dan udara dalam ruang venturi.

Baca juga:  Metode Pembelajaran Make A Match Tingkatkan Motivasi Belajar IPA

Analogi dari penjelasan tadi, pada karburator sesungguhnya, botol bawah sebagai chamber, pipa kecil sebagai main jet, air sebagai bensin, botol atas sebagai venturi. Dengan demikian siswa selanjutnya aakan selalu menguji hasil servis karburator dengan cara meniup ruang venturi untuk memastikan kerja karburator, sebelum dipasang pada sepeda motor. Sehingga hasil kerja dan belajar menjadi lebih maksimal.

Drs. Sri Suryana Dwi Atmaka
Guru Keterampilan MAN Temanggung