Sudah satu tahun lebih pandemi covid -19 belum berakhir.Pembelajaran di setiap sekolah masih menggunakan pembelajaran daring.Pembelajaran daring atau yang dikenal dengan istilah e – Learning merupakanpembelajaran yang memanfaatkan teknologi.Menurut Dimyati (2017) menjelaskan bahwa pembelajaran daring atau yang lebih dikenal dengan e – learning merupakan bentuk pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar jarak jauh.Hal ini meningkatkan prubahan gaya belajar yang semakin pesat.
Saat ini pembelajaran daring masih menjadi prioritas setiap sekolah. walaupun sudah satu tahun lebih pembelajaran daring dilaksanakan,banyak kendala yang masih dihadapi banyak sekolah salah satunya adalah SMP Negeri 1 Paninggaran. Pada materi teks cerita fantasi kels VII, siswa banyak menghadapi kendala.Siswa mengeluh jenuh dan bosan dengan aktivitas pembelajaran yang terbatas menggunakan daring.Orang tua juga mulai merasakan kehilangan semangat karena siswa sudah tidak semangat dalam mengikuti pembelajara daring.Menurunnya semangat siswa mengakibtkan prestasi siswa juga menurun.
Situasi dan kondisi menurunnya semangat belajar siswa perlu segera diantisipasi. Salah satunya dengan memberikan motivasi baik bagi guru,siswa maupun orang tua.Menurut pendapat Mulyasa (2003:112) pengertian motvasi merupakan tenaga pendorong atau penarik yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu.peserta didik akan bersungguh-sungguh karena motivasi yang tinggi.
Hamalik (1992:173) juga berpendapat bahwa pengertian motivasi merupakan perubahan energi dalam diri atau pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya peasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.Motivasi pada dasarnya merupakan dorongan yang muncul dari diri sendiri untuk bertingkah laku.Dorongan itu pada umumnya diarahkan untuk mencapai suatu tujuan.
Dengan menurunnya semangat siswa di SMP Negeri 1 Paninggaran,sebagai guru tentu harus peka dengan kondisi tersebut.Siswa perlu dimotivasi agar semangat untuk belajar tumbuh kembali.Maka tugas guru adalah menjaga motivasi belajar tetap ada. Ada beberapa cara memotivasi siswa dalam pembelajaran daring dibawah ini .
Pertama,memperjelas tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.Guru wajib mempromosikan pentingnya suatu pembelajaran.Tujuannya agar siswa paham dan jelas arah pembelajaran yang akan diterima.
Kedua, menggunakan metode dan kegiatan yang beragam.Siswa tentu bosan apabila metode dan kegiatan pembelajaran bersifat monoton.Guru dituntut kreatif dalam pembelajaran.Seyogyanya guru menggunakan metode yang beragam agar proses belajar bisa berlangsung dengan lebih menarik.Buat materi menggunakan animasi agar anak tertarik.
Ketiga,menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar.guru memberikan perhatian yang sama pada semua siswa agar setiap siswa memiliki kesempatan yang sama dalam mengaktualisasikan dirinya di kelas daring.
Keempat, membimbing dan mendukung siswa belajar. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengemukakan hambatan belajar.guru memberikan penguatan kepada siswa bahwa ia mampu mengatasi segala hambatan.
Kelima, memberikan penghargaan yang telah dilakukan siswa.Sekecil apapun yang telah dilakukan siswa,guru memberikan penghargaan sebagai bentuk dukungan.Dukungan tidak selalu dalam bentuk benda. Dukungan bisa berupa bentuk pujian atau komentar positif terhadap hasil pekerjaan siswa.
Keenam, dukungan orang tua.Orang tua dapat memantau kegiatan belajar siswa dari rumah.Orang tua bisa mengingatkan waktu belajar siswa.Memberikan perangkat perangkat pembelajaran seperti handpone dan kuota.Siswa akan merasa nyaman jika orang tua memberikan perhatian secara penuh.
Jika keenam cara memotivasi siswa dalam pembelajaran daring dilakukan disetiap sekolah maka, semangat belajar setiap siswa akan tumbuh.Semoga pandemi covd -19 segera berakhir pembelajaran tatap muka kembali normal.Tetap semangat menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan.
Oleh: Kresharyanti,S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMP N 1 Paninggaran