Beberapa hari yang lalu kita dihebohkan dengan tawuran antar pelajar di Wilayah Jakarta Selatan dan menyebabkan salah satu siswa atas nama Muhammad Kindy (17) meninggal, hal ini menambah panjang PR bagi kita yang berprofesi sebagai guru. Dari tawuran antar siswa yang marak terjadi seolah semakin menguatkan betapa peluang untuk perpecahan diantara siswa sangat rentan terjadi.
Guru selain bertugas mentransfer ilmu juga memiliki tanggung jawab terhadap pembentukan karakter siswa, di sisi lain di dalam kelas guru di tuntut untuk menyajikan pembelajaran yang aktif dan inovatif agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).
Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode Card Sort. Card Sort merupakan suatu strategi dari pembelajaran aktif yang berarti memilah dan memilih kartu, kegiatan kolaboratif yang bisa digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta tentang suatu objek, atau mengulangi informasi. Card sort lebih mengutamakan gerakan fisik yang dapat membantu untuk memberi energi kepada kelas yang telah letih/kurang bersemangat (Silberman, 2007: 157) .
Langkah-langkah dalam penerapan metode cartsord :1) guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok;2) guru membagikan kertas plano di beri tulisan kata kunci atau informasi tertentu tentang materi pelajaran, kertas dibagi acak kepada setiap kelompok.;3)guru meletakkan kartu tersebut secara acak dan bercampur aduk antara kata kunci dengan informasi pasangannya ; 4) guru meminta setiap kelompok untuk mencari kartu yang sesuai dengan kata kunci tersebut,. 5)setelah mereka menemukan kartu yang cocok, guru meminta setiap kelompok untuk menempelkan kelembar kata kunci sehingga menjadi sebuah informasi,
Dalam proses KBM yang menggunakan metode card sort, tiap kelompok harus bekerja sama dengan sesame anggota agar tugas dari guru bias dilaksanakan dengan baik, tiap person harus berperan untuk mensukseskan tugas, sehingga perlu dihindarkan egois tiap individu anggota kelompok. Dengan begitu secara tidak langsung sesama anggota tanpa terasa telah memupuk rasa persaudaraan diantara mereka, dalam hal ini islam menyebutnya dengan istilah ukhuwah. Ukhuwah yang dibangun atas dasar islam disebut dengan ukhuwah Islamiyah.
Ukhuwah Islamiyah adalah ikatan akidah yang dapat menyatukan hati semua umat islam, dalam sekala kecil didalam kelas walaupun setiap peserta didik mempunyai perbedaan organisasi islam,pemahaman tentang islam namun mereka harus menjunjung tinggi akan nilai ukhuwah Islamiyah diantara mereka. Ada slogan“ kerjasama dalam persamaan dan toleransi dalam perbedaan”. Dalam praktek dilapangan sesame siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar harus saling kerjasama dan saling bahu membahu apabila di hadapkan dalam satu malasah yang sama,.
Dalam penerapan dikegiatan belajar mengajar (KBM) metode Card Sort siswa disetiap kelompok memiliki satu kesamaan masalah yaitu sama-sama harus berusaha untuk mencocokkan antar kartu yang sesuai,sehingga mereka harus berfikir dan bekerjasa mau ntuk menyelesaikan masalah yang dihadapi tersebut, kata kuncinya rasa ukhuwah harus dikedepankan dan rasa iri, egois dan sifat-sifat negative lainya harus dihilangkan. Kemudian bentuk kerjasama dan saling tolong menolong yang dibangun dalam KBM perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga rasa persaudaraan diantara siswa bias semakin meningkat dan berkembang.
Yanto, M.Pd.I
Guru PAI SMK Negeri 1 Gesi, Sragen