Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar (SD) masih menyisakan permasalahan pada proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain karena pembelajaran di kelas masih pasif. Kondisi tersebut juga terjadi di SD Negeri Prangkokan Temanggung, khususnya pada pembelajaran IPA di kelas V. Lalu bagaimana mengatasi keaktifan siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri Prangkokan Temanggung?
Guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH). Menurut Dwitantra (2010) bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay adalah Suatu metode pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak “horay”. Sedangkan menurut Imran dalam Malechah (2011) bahwa model pembelajaran Course Review Horay merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman menggunakan kotak yang diisi dengan nomor untuk menuliskan jawabannya, yang paling dulu mendapatkan tanda benar vertical horisontal atau diagonal langsung berteriak “horey”. Berbekal dari pengertian para ahli di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) merupakan suatu model atau desain pembelajaran untuk menguji pemahaman siswa dengan menggunakan strategi games. Apabila siswa mampu menjawab benar maka siswa akan berteriak ”horay”.
Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) juga merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang bersifat menyenangkan. Model tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetisi secara positif dalam pembelajaran. Selain itu juga dapat mengembangkan kemampuan siswa berpikir kritis serta membantu siswa untuk mengingat konsep yang dipelajari secara mudah.
Model pembelajaran CRH juga merupakan suatu model pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengubah suasana pembelajaran di dalam kelas dengan lebih menyenangkan, sehingga siswa merasa lebih tertarik. Karena dalam model pembelajaran kooperatif tipe CRH, apabila siswa dapat menjawab secara benar maka siswa tersebut diwajibkan meneriakan kata “horey” ataupun yel-yel yang disukai dan telah disepakati oleh kelompok maupun individu siswa itu sendiri. Model pembelajaran kooperatif tipe CRH juga merupakan suatu model pembelajaran dengan pengujian pemahaman siswa menggunakan soal dimana jawaban soal dituliskan pada kartu atau kotak yang telah dilengkapi nomor dan untuk siswa atau kelompok yang mendapatkan jawaban atau tanda dari jawaban yang benar terlebih dahulu harus berteriak “horay”.
Menurut Syaiful Sagala (2007:63) pembelajaran mempunyai dua karakteristik pertama, dalam proses pembelajaran melibatkan proses mental siswa secara maksimal, bukan hanya menuntut siswa untuk sekadar mendengar, mencatatkan tetapi menghendaki aktivitas siswa dalam proses berpikir. Kedua, dalam pembelajaran membangun suasana dialogis dan proses tanya jawab terus menerus yang diarahkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Pada gilirannya kemampuan berpikir tersebut akan dapat membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan yang mereka konstruksi sendiri untuk aktif belajar.
Course Review Horay sebagai salah satu proses ”learning to know, learning to do, learning to be and learning to live together” untuk mendorong terciptanya kebermaknaan belajar bagi peserta didik (Suprijono, 2010). Melalui penggunaan model pembelajaran CRH proses pembelajaran di kelas terutama untuk siswa SD Negeri Prangkokan Temanggung menjadi aktif, menyenangkan dan tidak membosankan. Pada akhirnya siswa bisa membentuk pengetahuannya sendiri secara konstruktif. Sehingga dengan menggunakan model CRH kita mampu mendorong siswa belajar IPA secara aktif, membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan dan hasil belajar bisa meningkat. Komitmen untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA merupakan langkah penting dalam mewujudkan proses pembelajaran yang efektif.
Amin Rinasari, S.Pd.SD
Guru SD Negeri Prangkokan Temanggung