CTL Memotivasi Belajar IPS di Masa Pandemi

TRI YOGO PRIYATNI,S.Pd.

Salah satu mata pelajaran yang mengandung banyak materi hafalan dan penalaran adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Khususnya di sekolah dasar ,materi IPS diajarkan secara terpadu yang mencakup seluruh aspek kehidupan sosial.Untuk menjelaskan dan memberi pemahaman tentang Kegiatan Ekonomi .Dari penyebab munculnya masalah tersebut diperlukan adanya solusi yang parsial tetapi yang komprehensif. Masalah tersebut  harus dipandang  sebagai masalah yang utuh dan tidak terpisahkan  dengan mengubah pembelajaran yang monoton dan membosankan dapat di inovasikan dengan Model Pembelajaran Contectual Teaching and Learning (CTL).

Trianto (2009: 107) menjabarkan pendekatan kontektual sebagai berikut : “ CTL adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki  dengan penerapannya dalam kehidupan sehari – hari , dengan melibatkan tujuh komponen utama, yakni: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, permodelan, dan penilaian sebenarnya.”

Baca juga:  Asyiknya Berdiskusi dengan Media Puzzle dalam Memahami Materi Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika

Menurut Elaine B.Johnson (2008:57)Berpendapat bahwa “CTL adalah sebuah sistem yang merangsang otak untuk menyusun pola yang mewujudkann dengan menghubungkan muatan akademis dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa”. Dengan model pembelajaran CTL di kelas IV SD N 3 Pliken  yang dahulu siswa kurang bersemangat  /kurang antusias sekarang dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPS. Tidak hanya itu saja namun dapat meningkatkan materi pembelajaran ekonomi. Kegiatan ekonomi khususnya kegiatan jual beli .

Pembelajaran difokuskan mengunakan Model CTL yang menekan kepada proses keterlibatan siswa dalam kehidupan sehari-hari sehingga menghasilkan kualitas pembelajaran yang efektif dan efisiensi. Proses pembelajaran menitik beratkan pada pengamatan proses belajar mengajar dengan dilakukan observer yakni keaktifan dan motivasi siswa.

iklan
Baca juga:  Alat Permainan Ular Tangga Tingkatkan Prestasi Pembelajaran Siswa Tentang Materi Hubungan Ekologi dengan Ekosistem

Materi pembelajaran kegiatan jual beli yang dilakukan oleh pemilik barang dan pembeli barang pada masa pandemi ini dapat dilakukan secara langsung dan secara tidak langsung (online ).Jual beli secara langsung dapat dilakukan dengan cara pergi ke warung, pasar dan supermarket  dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Namun  pada era globalisasi sekarang ini kita banyak menemukan pasar online yang sangat beragam seperti  : Shopee,Lazada ,Tokopedia dan lain-lain. Siswa belajar menemukan sendiri dan mempraktekan pada kehidupan sehari -hari,dengan belanja online.Pasar online atau sering disebut e-marketplace yaitu tempat dimana ribuan bahkan jutaan pedagang menjual barang daganganya.Siswa praktek melaksanakan  jual beli secara tidak langsung (online ). Contoh siswa membeli suatu barang secara online di Shopee, Lazada, atau toko-toko online lainnya. PraktIk yang dilakukan siswa yaitu cara membandingkan harga terlebih dahulu, cara membaca deskripsi produk,melihat durasi pengiriman, cara mengecek rating seller dan produknya, bertanya  tentang ketersediaan sebelum beli,  memanantau garansi barang, memperhatikan total bayar dan memilih metode pembayaran yang diinginkan.Itulah beberapa contoh yang dapat dipraktekkan siswa dalam pembelian online seperti sekarang ini.

Baca juga:  Belajar IPS dengan TTS

Pada masa pandemi sekarang ini guru harus pandai mencari strategi yang memudahkan siswa untuk lebih maju dalam belajar .Dengan metode yang tepat siswa menemukan jawaban- jawaban atas materi yang disampaikan dan siswa menemukan sendiri jawaban dengan cara praktek secara langsung. Dengan penerapan Model Pembelajaran CTL yang tepat dapat meningkatkan keaktifan dan memotivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Kegiatan Ekonomi dan  dengan CTL meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tentang Kegiatan Ekonomi.

Oleh

TRI YOGO PRIYATNI,S.Pd.

Guru SDN 3 Pliken

Kec.Kembaran Kab.Banyumas

iklan