Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan proses belajar mengajar sampai saat ini. Dengan diterbitkan Surat Edaran Kemdikbud Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, baik daring (dalam jaringan) maupun luring (luar jaringan). Kondisi darurat Covid-19 berdampak pada proses pembelajaran sementara tidak lagi dilakukan secara tatap muka. Penyebaran covid-19 telah memberikan kebiasaan dan peralihan mengenai proses pembelajaran. Perubahan yang dialami masa pandemi menuntut penguasaan teknologi. Penguasaan perkembangan teknologi mempermudah proses pembelajaran yang dilaksanakan, dengan menggunakan gawai dan laptop. Pendidik dan Peserta didik juga diharapkan mempunyai tanggung jawab dalam melaksanakan pembelajaran secara daring (online learning).
Berdasarkan hasil pelaksanaan pada proses pembelajaran secara daring Seni Budaya di kelas XII di SMA Negeri 1 Pejagoan terdapat beberapa permasalahan, adanya kebosanan sehingga melaksanakan pembelajaran kurang bertanggung jawab dan terkesan seenaknya sendiri. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar masa pandemik yang dimiliki masih kurang dan jauh dari harapan. Hal ini tentunya berpengaruh dalam proses penilaian akhir pada peserta didik. Proses pembelajaran yang telah dilaksanakan perlu adanya suatu perubahan untuk menarik minat siswa dalam proses pembelajaran daring yang dilaksanakan.
Salah satu bentuk inovasi proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif yaitu Quizizz. Quizizz merupakan suatu platform proses pembelajaran berbasis daring dan menyenangkan. Priyanti, Santosa, dan Dewi (2019) menyatakan bahwa Quizizz merupakan suatu platform digital untuk membantu peseta didik memahami suatu yang dibaca dengan cara menyenangkan dengan menggunakan gawainya. Aplikasi quizzi merupakan gamifikasi berbasis daring gratis yang dapat dibuka melalui browser web. Melalui aplikasi ini, guru dapat menggabungkan instruksi, review dan evaluasi. Guru dapat terhubung dengan seluruh guru-guru didunia dan dapat mengakses quiz daring yang dibuat oleh guru-guru lainnya secara cuma-cuma. Oleh karena itu, guru dapat menjadi se-kreatif mungkin di kelas dan tidak akan kehabisan ide.
Pembelajaran berbasis permainan ini dapat dikerjakan dalam mode ‘live’ diruangan kelas dan dapat juga diberikan sebagai pekerjaan rumah dalam mode ‘homework’. Quizizz menyediakan timer; kapan quiz akan dibuka dan kapan akan berakhir sehingga sangat mudah dilaksanakan. Game pin hanya perlu diberikan ke siswa sehingga mereka akan tetap dapat belajar dimana pun mereka berada. Quizizz ini juga dapat dilaksanakan dalam bentuk kelompok maupun tugas individu.
Penggunaan quizizz menyesuaikan siswa dalam mengerjakan soal. Siswa tidak akan dinilai berdasarkan cepat dan tidaknya dalam menjawab soal. Hasil penilaian juga dapat diunduh dalam bentuk exel sehingga mempermudah guru dalam melakukan penilaian pembelajaran. Terdapat beberapa fitur yang menarik perhatian siswa saat mengerjakan evaluasi antara lain adanya pilihan untuk mengaktifkan instrumen latar belakang saat membaca materi dan mengerjakan soal, desain huruf tata letak menarik dan berwarna-warni, feedback saat menjawab betul atau salah yang berbeda- beda, dan terdapat leader board yang menunjukkan peringkat peseta didik berdasarkan skor yang berhasil dicapai. Selain fitur utama tersebut, beberapa fitur tambahan dapat diaktifkan oleh guru untuk menambah keseruan dan minat peseta didik, seperti reward mengerjakan Kembali pada soal yang salah apabila berhasil menjawab beberapa soal lainnya dengan benar berturut-turut, menambahkan meme lucu untuk menambah semangat belajar.
Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif yang digunakan kelas XII SMA Negeri 1 Pejagoan tahun 2021/2022 dalam bentuk penyampaian materi presentasi menjadi interaktif dengan memadukan slide, media, dan pertanyaan. Quizizz juga digunakan sebagai alat evaluasi merupakan inovasi yang sesuai dengan karakteristik peseta didik zaman sekarang. Siswa terlibat langsung atau secara sinkron dengan pertanyaan kuis dan poling yang akan diselesaiakn dengan kecepatannya sendiri. Pemanfaatan teknologi dalam proses penyampaian materi dan evaluasi untuk generasi milenia ini sangat penting dan sangat berguna. Penggunaan aplikasi ini membuat siswa lebih tertarik mengikuti daring dalam mempelajari materi dan mengerjakan soal pada Quizizz daripada soal dalam buku teks atau lembar soal. Siswa merasa senang seolah sedang bermain ketika mengerjakan soal dalam Quizizz.. Penambahan fitur-fitur yang ada di Quizizz menambah semangat dalam proses daring. Penggunaan Quizizz dalam pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk menciptakan hal yang menyenangkan dalam pembelajaran, tetapi juga diharapkan berdampak pada hasil belajar peserta didik.
SRI SUNARSIH, S.Pd.
SMA NEGERI 1 PEJAGOAN